Tim Mahasiswa ITS Sabet Juara Umum di Ajang IRC Amerika Serikat

2
80
Para personel tim Barunastra ITS yang sukses meraih First Place Design Documentation dan First Place Autonomy Challenge dalam ajang kompetisi IRC 2022 di Florida, Amerika Serikat, pada tanggal 19 - 25 Juni 2022. (foto: Kemendikbudristek)

RADAR TANGSEL RATAS – Tim Barunastra dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang terdiri dari lima mahasiswa, sukses menyabet predikat juara umum dalam ajang International Roboboat Competition (IRC) 2022 di Amerika Serikat.

“Atas nama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyampaikan apresiasi kepada tim Barunastra ITS yang telah berjuang luar biasa serta mengharumkan nama Indonesia,” tutur Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, seperti yang dikutip dalam rilis Kemendikbudristek di Jakarta, Minggu (3/7).

Suharti berharap penghargaan yang telah diraih dapat memantik tumbuhnya talenta muda nasional lainnya yang menginspirasi di bidang sains dan teknologi. “Tetaplah menghasilkan karya bidang sains dan teknologi serta mendorong motivasi generasi muda lainnya untuk memiliki prestasi serupa,” tuturnya.

Tim Barunastra ITS yang didampingi oleh Rudy Dikairono selaku pembimbing terdiri dari Nawab Aditya, Dion Andreas Solang, Zulieta Krisna D, Azayaka Emeraldi Indaryo, dan Halen Dinata Atmaja sukses meraih First Place Design Documentation dan First Place Autonomy Challenge dalam ajang kompetisi IRC 2022 yang diselenggarakan di Florida, AS, pada tanggal 19 – 25 Juni 2022.

BACA JUGA :  Tegas! Panglima TNI Bakal Pecat Anggota Paspampres yang Diduga Perkosa Prajurit Kostrad

Dalam kesempatan terpisah, Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek, Asep Sukmayadi menyampaikan kebanggaannya atas prestasi yang telah diraih tim Barunastra ITS.

Kata Asep, sebagai negara maritim terbesar di dunia, Indonesia bangga karena putra-putri terbaik yang mengikuti kompetisi IRC 2022. Terlebih, kata Asep, mereka memiliki kemampuan teknologi dan kreativitas di bidang perkapalan yang sangat dibutuhkan Indonesia.

“Talenta-talenta terbaik yang telah dikurasi oleh Kemendikbudristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) mampu menunjukkan prestasinya di tingkat dunia. Selamat dan terimakasih atas prestasinya dan terus menjadi inspirasi generasi emas bangsa,” tutur Asep.

Dalam ajang kompetisi IRC 2022, tim Barunastra ITS membuat inovasi Kapal Nala Thesus dengan panjang total kapal 0,88 meter dan lebar total kapal 0,72 meter. Kapal tersebut sukses menuntaskan tujuh misi yang ada dan dinilai lebih unggul di banding karya-karya buatan tim lainnya.

Selain itu, salah satu inovasi yang menjadi nilai tambah untuk kapal mereka karena menggunakan desain modularity. Desain modularity dibuat untuk menampung banyak muatan di atas kapal. Konsep ini mempunyai prinsip desain yang membagi sistem menjadi bagian-bagian kecil dengan sebutan modul. Modul dapat dimodifikasi, diganti, atau ditukar secara independen dengan modul lainnya.

BACA JUGA :  Tangani Kasus TPPO 20 WNI di Myanmar, Bareskrim Polri Tetapkan Dua Orang Tersangka

Selain tim Barunastra ITS, perwakilan Indonesia yang juga meraih penghargaan yaitu tim Bengawan UV dari Universitas Sebelas Maret yang meraih Second Place Design Documentation (sponsorship dari Blue Robotics Award) dan Best Team for Testing and Innovation. Ada pula tim Aterkia dari Universitas Diponegoro yang meraih Sixth Place Design Documentation. (BD)

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini