Pemkot Bekasi Bakal Subsidi Siswa Tak Mampu Untuk Sekolah di SMP Swasta

0
33

RADARTANGSEL RATAS – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi melakukan penandatangan nota kesepahaman dengan Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) dan sekolah swasta. Nota kesepahaman dilakukan guna memberikan subsidi bagi keluarga siswa tak mampu untuk bersekolah di SMP Swasta pada tahun 2023 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatullah mengatakan hal ini dilakukan agar seluruh anak-anak sekolah dasar (SD) dapat melanjutkan kewajibannya mendapat pendidikan hingga ke jenjang sekolah menengah pertama (SMP). Pasalnya jumlah murid SD yang lulus sebanyak 44.460 jauh lebih besar dari daya tampung murid SMP di sekolah negeri Kota Bekasi yang hanya sekitar 13.000.

“Ini juga adalah program Pak Plt Wali Kota agar ada penyamarataan kualitas SDM di Kota Bekasi. Kami sebagai pemerintah kan juga berkewajiban membawahi sekolah swasta juga, jadi enggak hanya negeri saja,” kata Inayatullah ketika dimintai konfirmasi, belum lama ini.

Menurutnya dari 243 sekolah swasta yang terdata 165 diantaranya bersedia melakukan kerja sama dengan Pemkot Bekasi. Nantinya subsidi yang dilakukan dari kerja sama tersebut akan membebaskan siswa dari uang pangkal dan uang bulanan siswa.

BACA JUGA :  Catat! 24-26 Februari 2023 Mendatang, Balapan F1 Boat Danau Toba Bakal Digelar

“Bayarannya gratis, uang pangkal dan uang bulanannya. Nantinya akan dikasih subsidi dibantu dengan pemkot bekasi, setiap bulannya,” tutur dia.

“Mereka (murid) sampai lulus SMP kami berikan subsidi,” sambungnya.

Program ini diharapkan mampu menyerap sebanyak 3.500 orang penerima bantuan subsidi. Adapun pedanaanya pun akan bersumber dari APBD 2023 yang berjumlah Rp15 miliar.

“Sekarang, sekolah negeri atau swasta sama saja. Jadi silakan, bagi yang orangtuanya punya KTP Kota Bekasi, manfaatkan program ini agar anak-anak kita bisa terus bersekolah,” imbuh Inayatullah.(hds)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini