Pertama Kali di Indonesia, Job Fair Khusus Penyandang Disabilitas Digelar Kemnaker Bersama PT DKI 

0
48
Job Fair yang pertama kali digelar khusus bagi para penyandang disabilitas di Indonesia ini digelar di Gedung Pusat Pasar Kerja, Jakarta, 12 -13 Juli 2022. (foto: dok. Humas Kemnaker)

RADAR TANGSEL RATAS – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Pusat Pasar Kerja (Pasker ID) bekerja sama dengan PT Disabilitas Kerja Indonesia (PT DKI) menggelar Job Fair pertama yang dikhususkan bagi penyandang disabilitas di Indonesia, di Gedung Pusat Pasar Kerja, Jakarta, 12 -13 Juli 2022.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada mitra kami, PT Disabilitas Kerja Indonesia, Australian Volunteers, ILO, Pusat Pasar Kerja, yang telah menggelar event yang bertujuan memberikan ruang yang sama kepada penyandang disabilitas terhadap akses kehidupan yang layak melalui pasar kerja,” kata Sekjen Kemnaker, Anwar Sanusi, saat membuka Job Fair Walk-in-Interview Disabilitas Kerja Indonesia di Jakarta, Selasa (12/7).

Anwar Sanusi mengatakan, pemerintah memiliki komitmen tinggi dalam memberikan keberpihakan kepada penyandang disabilitas. Mulai dari sisi regulasi, di mana dalam UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, telah ditekankan afirmasi kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas baik di sektor publik maupun swasta.

Kemudian dari sisi kebijakan, kata Anwar, isu pasar kerja inklusif juga terus digaungkan hingga ke forum Employment Working Group (EWG) G20, di mana isu penyandang disabilitas dijadikan salah satu isu prioritas EWG.

BACA JUGA :  Tragis, Sebuah Truk Tertimpa Kontainer Saat Bongkar Muat, Satu Orang Tewas

“Isu yang kita dorong dalam EWG adalah membuat pasar kerja inklusif yang berlaku kepada siapa saja, utamanya memberikan afirmasi, keberpihakan kepada penyandang disabilitas,” tuturnya.

Anwar berharap job fair tersebut menjadi pelopor dan pemantik semangat seluruh stakeholders di Indonesia untuk menggelar job fair atau bursa kerja yang dikhususkan bagi penyandang disabilitas.

“Saya berharap ini adalah awal dan ada banyak lagi bursa kerja yang diselenggarakan bagi penyandang disabilitas,” ujarnya.

Kepala Pusat Pasar Kerja, Muchamad Yusuf, mengatakan job fair mini tersebut diikuti oleh perusahaan, dan diharapkan dapat melibatkan 200 pencari kerja penyandang disabilitas.

Ia menjelaskan bahwa job fair itu pada dasarny bertujuan untuk membantu pencari kerja penyandang disabilitas mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, dan jenis disabilitasnya. “Kemudian dari sisi demand, kita juga membantu agar mendapatkan talent-talent yang sesuai kebutuhan perusahaan,” katanya.

Sementara menurut founder PT Disabilitas Kerja Indonesia, Hasnita Taslim, Job Fair Khusus Disabilitas merupakan job fair pertama yang pernah diselenggarakan di Indonesia. Job fair itu adalah pilot project dari PT Disabilitas Kerja yang merupakan inisiator, sekaligus penyelenggara job fair khusus disabilitas.

BACA JUGA :  Aduh! Mendaki Sendirian, Pendaki Perempuan Asal Madiun Ditemukan Tewas di Gunung Lawu

“Job fair itu bertujuan membangun public awareness on equal employment opportunity dan memberikan kesempatan bagi pencari kerja disabilitas di Jabodetabek, untuk dapat mendaftarkan atau membawa lamaran kerja pada perusahaan kami, sehingga perusahaan kami dapat membantu dalam proses rekrutmen,” ungkapnya.

Turut hadir dalam acara pembukaan Job Fair itu Direktur ILO Jakarta-Timor Leste, Michiko Miyamoto dan Direktur Australian Volunteers Indonesia. (BD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini