Sebelum Jadi Endemi, Ahli Kesehatan Desak Pemerintah Serius Cegah Cacar Monyet

0
59
Ilusttrasi cacar monyet. Foto: Freepik

RADAR TANGSEL RATAS – Kasus cacar monyet di Inggris diperkirakan meningkat dua kali lipat setiap 15 hari. Tercatat, ada 1.735 kasus cacar monyet di Inggris raya.

Terus melonjaknya kasus cacar monyet, membuat berbagai organisasi melayangkan tuntutan kepada pemerintah untuk lebih serius menghentikan penyebaran virus. T

he British Association of Sexual Health & HIV dan Yayasan Terrence Higgins Trust termasuk di antara yang menyerukan pengendalian wabah dan peningkatan vaksinasi.

Presiden British Association of Sexual Health & HIV, Dr Claire Dewsnap mengatakan, bahwa kondisi saat ini sudah mencapai titik kritis. Karenanya, perlu ada upaya lebih serius dan komprehensif dalam mengendalikan penyebaran kasus cacar monyet.

“Layanan kesehatan seksual sekarang sudah kewalahan. Ini membuat kami berada di jurang krisis kesehatan masyarakat yang baru,” kata Dr Dewsnap, seperti dilansir dari laman Express, Kamis (14/7/2022).

Senada, Presiden Asosiasi Direktur Kesehatan Masyarakat Jim McManus mengatakan bahwa wabah cacar monyet harus dihilangkan. Penyakit akibat infeksi virus monkeypox itu harus dicegah agar tidak menjadi endemi.

BACA JUGA :  RKUHP Diresmikan DPR RI, Australia Waswas Turisnya Terjerat Pasal Perzinaan di Indonesia

“Kita harus menghilangkan wabah ini. Karena jika menjadi endemi di bagian mana pun dari populasi kita, itu akan menelan biaya ratusan kali lebih banyak dalam kesakitan, kesengsaran, dan bahaya,” kata McManus. (aab)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini