BNPB: 14 Kecamatan dan 111 Rumah di DKI Jakarta Terendam Banjir

RADARTANGSEL RATAS – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan banjir di wilayah DKI Jakarta sudah mulai berangsur-angsur menurun. Berdasarkan data yang diperoleh, setidaknya terdapat 14 kecamatan di Ibu Kota terendam banjir.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengatakan banjir yang terjadi di Jakarta disebabkan luapan kali Ciliwung.

“Berdasarkan laporan yang diterima oleh Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops BNPB) per 16 Juli 2022, terdapat 14 kecamatan terdampak banjir,” katanya kepada wartawan, Sabtu (16/7/2022).

Menurut laporan dari BPBD DKI Jakarta, pihaknya mencatat setidaknya terdapat 111 rumah yang terendam banjir dengan kisaran setinggi dada orang dewasa.

“Adapun kondisi mutakhir saat ini terpantau banjir di beberapa wilayah berangsur surut,” jelasnya.

Abdul juga mengatakan bahwa pihak BPBD DKI Jakarta telah mengirimkan pasukan ke titik-titik lokasi terendamnya banjir.

Pihaknya juga mengingatkan bahwa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang hingga sore hari untuk tanggal 16 dan 17 Juli 2022 serta potensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada sore hingga malam hari untuk tanggal 18 Juli 2022.

BACA JUGA :  Tersandung Kasus Ferdy Sambo, Kompolnas Diusulkan untuk Dibubarkan

“Kajian inaRisk menunjukkan bahwa wilayah DKI Jakarta memiliki potensi bahaya banjir pada tingkat sedang hingga tinggi yang berdampak pada masing-masing 10 kecamatan di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur serta delapan kecamatan di Jakarta Barat,” terangnya.(hds)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini