Keren, Tetap Sehat, Aktif dan Bermanfaat, Menwa UI Berkolaborasi dengan KJNI Canangkan Penanaman Pohon “Go Green” dan Gelar Jalan Sehat Nordik  

5
147

RADAR TANGSEL RATAS – Keren dan patut diapresiasi langkah yang dilakukan Resimen Mahasiswa Universitas Indonesia (Menwa UI) dan Komunitas Jalan Nordik Indonesia (KJNI). Menwa UI dan KJNI mencanangkan penanaman pohon “Go Green” dan menggelar kegiatan jalan sehat nordik.

Acara yang dihelat pada Minggu, tanggal 17 Juli 2022 itu sangat meriah dan penuh keakraban. Kegiatan positif tersebut dilaksanakan di Markas Komando Resimen Mahasiswa Universitas Indonesia (Mako Menwa UI) Kampus Depok, dari pukul 07.00 sampai 12.00 WIB.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Menwa UI Go Green dan Jalan Sehat, David Chandrawan, S. T., M. M. mengatakan, kegiatan “Gerakan Tanam Pohon” dan Jalan Sehat ini merupakan kerjasama antara Menwa UI dan Komunitas Jalan Nordik Indonesia (KJNI).  “Konsep jalan sehat dikolaborasikan dengan kegiatan Go Green merupakan perwujudan kepedulian anggota Menwa UI terhadap kampus yang ramah lingkungan (Go Green),” ucap David.

Kepada awak redaksi Kantor Berita RADAR TANGSEL ratas.id,  pria yang juga ketua Komunitas Jalan Nordik Indonesia (KJNI) Jakarta itu menandaskan, kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk kepedulian Menwa UI dan KJNI terhadap lingkungan dan kesehatan. “Ya, kegiatan penanaman pohon dilaksanakan di hari Minggu, 17 Juli 2022, pukul 07.00 WIB sampai 09.00 WIB. Dan dilanjut dengan jalan sehat nordik sampai 12:00 WIB,” paparnya.

BACA JUGA :  Akhirnya Barcelona Dapat Restu dari Bayern Gaet Robert Lewandowski

Kegiatan itu sendiri berlangsung lancar, meriah dan penuh suasana keakraban. Acara dimulai dengan sambutan dari Komandan Satuan (Dansat) Menwa UI, Muhamad Fachri Rifki yang juga selaku tuan rumah acara.

Lalu, dilanjutkan dengan sambutan Ketua Iluni Menwa UI, Kombes Pol. Dr. Drs. H. Kasmen, M. E. Setelah itu, Ketua Komunitas Jalan Nordik Indonesia (KJNI) Jakarta yang merangkap sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Menwa UI Go Green dan Jalan Sehat, David Chandrawan, S. T., M. M. memberikan sambutan.

Kemudian, acara dibuka oleh Ketua Iluni Universitas Indonesia (UI), Andre Rahadian, S. H., L. L. M., M. Sc. dengan menanam pohon-pohon langka dan buah-buahan yang dibutuhkan untuk penghijauan lingkungan kampus dengan harapan dapat mewariskan lingkungan yang lebih sehat bagi generasi berikutnya. Serta, dilanjutkan dengan jalan sehat nordik mengelilingi kawasan Kampus UI yang diliputi udara segar, pemandangan yang indah dan hijaunya hutan UI.

Untuk diketahui, kegiatan ini  diikuti oleh gabungan puluhan anggota anggota Menwa UI aktif, Iluni Menwa UI beserta keluarga dan masyarakat simpatisan Go Green dan Komunitas Jalan Sehat Nordik.
Sebagai informasi, olah raga jalan nordik adalah olah raga berjalan kaki yang menggunakan dua tongkat penumpu.

BACA JUGA :  Komnas HAM Dalami Prosedur Penggunaan Gas Air Mata di Tragedi Kanjuruhan Malang

Olah raga satu ini menawarkan pengalaman berjalan kaki yang dapat memberi stimulasi efektif terhadap struktur tubuh agar lebih sehat. Tongkat nordik yang digunakan merupakan alat yang terbuat dari composite carbonara atau aluminium dan sifatnya telescopic atau bisa diatur panjang-pendeknya.

Di ujung bawah tongkat biasanya terdapat pangkal karet yang dapat diganti-ganti menyesuaikan medan (tempat) berjalan, dan terdapat antishock atau pegas di dalamnya. Berbeda dengan jalan kaki biasa, jalan nordik dibekali sepasang tongkat ski selama berolah raga.

Keunggulan dari olah raga ini adalah dapat membakar lebih banyak kalori karena otot punggung dan tangan ikut bergerak saat berjalan. Sebelumnya diberitakan, sebagai salah satu nahkoda Komunitas Jalan Nordik Indonesia (KJNI), David Chandrawan yang juga Dansatgas Menwa Universitas Indonesia (UI) Go Green dan Jalan Sehat Nordik 2022 mengatakan, kebersamaan dua komunitas melakukan aktivitas bersama menciptakan “One Goal“. “Yakni sehat dan hijau bersama,” papar pria bertubuh tinggi kekar dan merupakan eksekutif muda di salah satu bank swasta terbesar di Indonesia serta lulusan cum laude S1 dan S2 ini.

BACA JUGA :  Catat! Indonesia Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Panjat Tebing, 22-24 September 2022 di Jakarta

David pun mengajak masyarakat mewariskan lingkungan yang sehat. “Jadi, mari kita wariskan Indonesia yang lebih sehat dan lebih hijau,” cetus pria yang gemar berolahraga menembak itu. (AGS)

5 KOMENTAR

  1. Greate pieces. Keep writing such kind of information on your
    page. Im really impressed by your site.
    Hello there, You’ve performed a fantastic
    job. I’ll certainly digg it and individually suggest
    to my friends. I’m sure they will be benefited from this web
    site. I saw similar here: Ecommerce

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini