Wow! Anies Gelontorkan Dana Sekitar Rp 28,9 Miliar untuk Renovasi 3 Gedung Kesenian di Jakarta

0
51

RADARTANGSEL RATAS – Pemprov DKI berencana untuk melakukan peremajaan dan perbaikan terhadap tiga gedung kesenian yang berada di Jakarta. Tidak tanggung-tanggung, Pemprov DKI menganggarkan dana sebesar Rp 28,9 Miliar untuk renovasi gedung.

Pemprov DKI Jakarta akan merenovasi Gedung Wayang Orang Bharata (WOB) di Senen, Jakarta Pusat. Bukan hanya itu, DKI juga berencana merevitalisasi dua gedung kesenian lainnya pada 2022 ini, yakni Gedung Kesenian Miss Tjitjih dan Gedung Kesenian Jakarta.

“Sekarang kami mesti benahi tiga, Gedung Kesenian Jakarta, Gedung WOB, dan Gedung Miss Tjitjih. Kalau ini sudah jalan, pembenahannya jauh lebih baik,” kata Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana kepada wartawan, Rabu (20/7/2022).

“Tahun ini insyaallah akhir tahun ini selesai, sehingga tahun depan kita akan mendapatkan tiga gedung yang baik,” sambungnya.

Pihaknya menargetkan proses revitalisasi dan tahap penyelesaian pengerjaan akan rampung tahun 2022. Ia menerangkan, untuk anggaran revitalisasi gedung kesenian sendiri akan menggunakan dana APBD DKI Jakarta tahun 2022.

BACA JUGA :  Geger Pernyataan Anies Soal Menko yang Ingin Ubah Konstitusi, Partai Demokrat: Rakyat Tahu Siapa yang Disinggung

Iwan merinci anggaran untuk revitalisasi Gedung Kesenian Jakarta sekitar Rp13 miliar, Gedung Miss Tjitjih sebesar Rp8,9 miliar dan Gedung Wayang Orang Bharat mencapai Rp7 miliar. Yang jelas anggaran revitalisasi bersumber dari APBD 2022 dan dalam proses lelang.

“Ada di salah satu unit pengelola pertunjukan. Kalau nggak salah, sekitar belasan, tapi WOB itu sekitar Rp 7 miliar, Gedung Kesenian Jakarta dan Miss Tjitjih itu kurang lebih belasan (miliar), saya lupa, saya nggak hafal karena dipegang unit pengelola,” terangnya.

Pihaknya pun akan memindahkan sementara para pegiat kesenian di tiga gedung tersebut ke Taman Ismail Marzuki sampai tahap pengerjaan selesai dilaksanakan.

“Kebetulan TIM di bawah Dinas Kebudayaan, jadi semua terakomodir. Kan sudah ada biaya saat mereka tampil beberapa kali dalam setahun, nggak harus indoor, kita buat outdoor. Sesuatu menarik,” paparnya.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji merenovasi Gedung Wayang Orang Bharata di Senen, Jakarta Pusat. Dia menjanjikan anggaran Rp 7 miliar untuk renovasi.

BACA JUGA :  Merasa Pede, Azas Tigor Balas PDIP dan PKS yang Kritik Pengangkatan Dirinya Jadi Komisaris PT LRT

“Insyaallah kami dukung renovasinya, nanti dialokasikan sekitar Rp 7 miliar untuk bangun tempat ini,” kata Anies melalui keterangan tertulis, Jumat (10/6/2022).

Anies mengatakan renovasi tersebut merupakan upaya memajukan kebudayaan. Dia berharap lokasi ini menjadi rujukan masyarakat ketika mengisi waktu luang.

“Wayang Orang Bharata ini sudah melegenda dan menjadi bagian dari cerita Jakarta dan ini bagian dari ikhtiar kita untuk mengembangkan kebudayaan,” ujarnya.

Anies mengapresiasi Wayang Orang Bharata sebagai bagian dari kebudayaan di Jakarta yang telah bertahan setengah abad. Dia berharap Wayang Bharata terus melakukan regenerasi seniman.

“Kita salut sekali karena telah menghibahkan waktu dan tenaga untuk menjaga, merawat dan mengembangkan budaya kita. Dan tentu terima kasih kepada para orang tuanya yang membuat mereka berminat dengan kesenian wayang orang” ucapnya.

Anies mengatakan tiap jenis wayang memiliki keunggulan masing-masing. Dia menyebut wayang bukan hanya tontonan yang menghibur masyarakat, tetapi juga memberikan tuntunan nilai-nilai kehidupan.(abd)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini