Bharada E Jadi Tersangka Penembakan Brigadir J, Komnas HAM Bidik Pihak Lain

0
42

RADARTANGSEL RATAS – Kepolisian telah menetapkan salah satu ajudan eks Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo yakni, Bharada E sebagai tersangka kasus penembakan terhadap Brigadir J. Penyidik pun menaikan status Bharada E yang semula saksi menjadi tersangka dan terbukti melakukan pembunuhan dalam peristiwa itu.

Menanggapi hal tersebut, Komnas HAM menyerahkan semua keputusan kepada pihak penyidik dalam hal ini Polri.

“Sekarang timsus penyidik sudah menyatakan Bharada E tersangka, ya tidak bertentangan dengan apa yang kami temukan, pada kami kan Bharada E ini ya mengakui bahwa dia yang menembak walaupun kami tentu harus mencari lagi keterangan-keterangan dan bukti-bukti lain apakah hanya dia sendiri. Itu pertanyaan,” kata Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik kepada wartawan, Kamis (4/8/2022).

Taufan pun mengatakan bahwa yang bersangkutan telah mengakui penembakan pada saat pemeriksaan di Komnas HAM yang menurutnya menjadi acuan dari penyidik untuk menetapkan status tersangka.

“Tapi sekarang dengan ditetapkan sebagai tersangka, ya menurut kami itu adalah wewenang dari penyidik dan kita tentu menghargai, sejalan juga dengan temuan kami bahwa memang dia mengakui penembakan itu,” jelasnya.

BACA JUGA :  Heboh Kabar Ferdy Sambo Ditangkap, Begini Kata Mabes Polri

Pihaknya pun tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka lainnya apabila pasal yang dikenakan kepada Bharada E yakni pasal pembunuhan berencana. Hal ini, menurutnya sebagai proses kerjasama yang telah dilakukan oleh pihak Komnas HAM dan Tim Khusus Mabes Polri dalam mengungkap kasus pembunuhan tersebut.

“Kan polisi sendiri sudah bilang ini kan baru tahap awal, jadi penyidik sudah bilang begitu tugas Komnas HAM adalah mengikuti penyidik sesuai memastikan add to justice dilaksanakan dengan baik sehingga yang bersalah dihukum yang tidak bersalah tidak dihukum,” tegasnya.(abd)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini