Mantan Pengacara Ahok Jadi Kuasa Hukum Baru Bharada E, Pernah bela hercules hingga Tio Pakusadewo

0
47

RADARTANGSEL RATAS – Setelah mencabut kuasa untuk Pengacara Boerhanuddin dan Deolipa Yumara, Bharada E resmi memberikan kuasa pembelaan dan pendampingan hukum di kasus penembakan Brigadir J kepada Pengacara Ronny Talapessy. 

“Betul saya Lawyer Bharada E, ditunjuk langsung oleh orangtua dan Bharada E,” kata Ronny dikonfirmasi, Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Ronny menjelaskan, alasan Bharada E dan keluarga menunjuknya sebagai penasihat hukum. 

“Kan atas pembicaraan keluarga mereka kan pengennya kan nyaman sama lawyer yang mereka kenal kan, jadi saya bertemu keluarga, sesudah itu sepakat saya akan membantu Bharada E, akhirnya saya ditunjuk sebagai lawyernya,” ujarnya. 

Sebelumnya, Bareskrim Polri memastikan bahwa Boerhanuddin dan Deolipa Yumara kuasanya telah dicabut untuk memberikan pembelaan dan pendampingan hukum terhadap Bharada E di kasus penembakan Brigadir J. 

“Iya betul,” kata Dir Tipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi saat dikonfirmasi soal pencabutan kuasa Pengacara Bharada E, Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Perlu diketahui, Ronny menjadi kuasa hukum keluarga korban kecelakaan maut di Tugu Tani, Jakarta Pusat pada 2012. Kala itu, pengemudi mobil bernama Afriyani Susanti menabrak pejalan kaki hingga menewaskan sembilan orang.

BACA JUGA :  Operasi Penyelamatan Pilot Susi Air Terkendala, Kapuspen TNI: Yang Paling Menyulitkan Adalah Cuaca

Di tahun 2014, Ronny menggugat Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yang masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, atas Pergub DKI Nomor 195 Tahun 2014 tentang Pembatasan Lalu Lintas Sepeda Motor.

Ronny bersama tim advokasi Indonesia Traffic Watch (ITW), meminta uji materi atas peraturan itu, ke Mahkamah Agung (MA)

Gugatan itu dilayangkan karena aturan tersebut dinilai bertentangan dengan UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ dan Perda DKI Nomor 5 Tahun 2004 tentang Transportasi.

Kendati demikian, pada 2017, Ronny Talapessy tergabung dalam tim kuasa hukum Ahok ketika terjerat kasus dugaan penistaan agama, buntut pidatonya yang mengutip surat Al-Maidah ayat 51.

Ronny Talapessy juga pernah menjadi kuasa hukum preman Tanah Abang, Hercules Rozario Marshal alias Hercules, pada 2013, dalam kasus pengancaman terhadap petugas.

Ronny juga pernah menjadi kuasa hukum aktor Tio Pakusadewo pada 2017, yang terjerat penyalahgunaan narkoba.(abd)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini