Kasus Pertama Cacar Monyet Indonesia Ditemukan di Jakarta, Ini Penjelasan Kemenkes

0
51

RADARTANGSEL RATAS – Kasus monkeypox atau cacar monyet telah ditemukan di Indonesia. Pasien berasal dari DKI Jakarta, yakni pria berusia 27 tahun.

Menurut Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Mohammad Syahril, pasien pada 8 Agustus kemarin baru pulang dari perjalanan luar negeri. Namun sayangnya negara yang dikunjungi tidak disebutkan oleh dr Syahril.

“Diketahui 1 terkonfirmasi positif monkeypox. Konfirmasinya tadi malam dari DKI Jakarta,” ujar dr Syahril dalam Konferensi Pers Kemenkes disiarkan secara langsung di Kanal YouTube Kementerian Kesehatan, Sabtu (20/8/2022)

Pria tersebut dinyatakan positif pada Jumat (19/8/2022) malam, setelah dilakukan pemeriksaan tes swab PCR. Dalam penjelasannya, Syahril mengatakan pria itu hanya mengalami gejala ringan.

Dengan demikian dia tidak perlu perawatan khusus di ruang ICU atau rumah sakit dan cukup melakukan isolasi mandiri (Isoman) di rumah. 

“Dalam hitungan dua hari setelah cek PCR tadi malam hasilnya keluar ternyata positif dan bergejala ringan. Sehingga tidak perlu  diisolasi di ICU atau rumah sakit cukup isoman di rumah,” kata dr Syahril.

BACA JUGA :  Begini Antisipasi Pemkot Tangsel Terhadap Wabah Cacar Monyet

Sehubungan dengan cacar monyet, Syahril menegaskan penularan tidak dispesifikkan hanya menyerang kelompok-kelompok tertentu. Cacar monyet, dikatakan berpotensi menular, jika adanya kontak erat dengan seseorang yang positif.

“Jadi cacar monyet ini tidak menyerang kelompok -kelompok tertentu ya. Jadi semua orang yang memiliki kontak erat memiliki potensi besar penularan atau terinfeksi,” kata dr Syahril.(abd)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini