LPSK Sebut Putri Candrawathi Bisa Jadi Justice Collaborator

0
31

RADARTANGSEL RATAS – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) angkat bicara terkait peluang istri Ferdy Sambo yakni, Putri Candrawathi jadi saksi pelaku atau Justice Collaborator.

Juru bicara LPSK, Rully Novian mengatakan peluang tersebut bisa saja terjadi, apabila yang bersangkutan dapat berbicara sesuai fakta yang ia ingin sampaikan. Untuk sementara ini, LPSK mengatakan bahwa pihaknya sudah cukup banyak mendapatkan keterangan dari Bharada E yang sudah lebih dulu mendapatkan Justice Collaborator.

“Tergantung saya jawab, posisi dia sebagai apa. Dan itu tergantung situasi keterangan apa yang dia sampaikan. Kalau dalam konteks kasus ini, keterangan kan sudah muncul sangat banyak dari Bharada E,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (20/8/2022).

“Pertanyaannya kemudian, siapa yang mau dia ungkap, kalau dia bukan pelaku utama, siapa yang mau dia ungkap.

Keterangan apa yang mau dia sampaikan. Kalau keterangannya sudah diperoleh dari semua orang, yang untuk apa lagi keterangan dia,” katanya.

Rully mengatakan, posisi Putri Candrawathi mendapatkan JC bisa saja terjadi karena dirinya yang bukan merupakan pelaku utama kasus pembunuhan Brigadir J.

BACA JUGA :  Pembalap Berusia 15 Tahun, Pandu Jet Gebrak Kelas Cadas 250cc

“Kalau memang tidak memenuhi unsur, misalnya dia ternyata tidak bisa ditempatkan sebagai bukan pelaku utama. Kalau dia bukan pelaku utama, ada alasan-alasan tertentu kenapa dia terlibat di situ, itu kan membuka ruang bagi perlindungan sebagai JC,” tegasnya.

Menurutnya, syarat utama untuk menjadi Justice Collaborator adalah membantu terungkapnya kasus. Seorang JC harus bekerja sama dengan penyidik agar membuat terang suatu kasus.

“Banyak kriterianya. Pertama dia bukan pelaku utama, dia bekerja sama dengan kepolisian. Ini penetapan tersangka, pertanyaannya ini dia bekerja sama atau nggak sebetulnya? Berapa kali berubah keterangannya, jangan-jangan sampai hari ini dia masih sama kayak kemarin, kan kita nggak tahu juga,” katanya.

“(Syarat JC) dia bukan pelaku utama, dia membantu penyidik mengungkap perkara ini. Dia (PC) membantu nggak nih, pertanyaannya itu,” sambungnya.(abd)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini