Heboh! Warteg Lolos dari Kebakaran, Ini Alasan Ilmiah dari Sudin Gulkarmat Jaksel

0
65
Warung Brebes Pesona Dua Putri yang menghebohkan karena tidak terbakar saat kebakaran melanda kawasan Simprug, Jakarta Selatan. Foto: Tangkapan Layar

RADAR TANGSEL RATAS – Kebakaran yang melanda kawasan Simprug Golf II, Grogol Selatan, sempat heboh lantaran ada satu warteg yang selamat dari kebakaran.

Disebut-sebut warung nasi yang bernama Warung Brebes Pesona Dua Putri itu lolos dari kebakaran lantaran kerap bersedekah di ‘Jumat Barokah’.

Dengan rutin berbagi di ‘Jumat Barokah’ itu, maka warteg tersebut dilindungi Tuhan dari musibah tersebut.

Kendati demikian, begini begini ilmiah Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Dia menyebut, bahwa warteg tersebut tidak terbakaran karena ada kompartemenisasi sehingga terlindungi.

“Karena terkompartemenisasi jadi terlindungi dari potensi rambatan api. Coba lihat bangunan yg melindungi warteg itu bagaimana konstruksi bangunannya,” kata Perwira Piket Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan, Deni Andreas, Rabu (24/8/2022).

Dia menjelaskan, ilmu kompartemenisasi kebakaran merupakan batas atau pemisahan bangunan berdasarkan tingkat ketahanan terhadap api pada bangunan.

Adapun bangunan warteg tersebut terbuat dari bata ringan atau hebel di semua sisi rumahnya yang sifatnya menahan api.

BACA JUGA :  Sindir Pemilik Warteg, Warga Simprug Tulis WC yang Tak Terbakar dengan Tulisan ‘WC Barokah’

Sehingga, kata dia, faktor tersebut memengaruhi warung itu tetap kokoh terlindungi meski rumah di sekelilingnya terbakar api.

Namun, berbeda dengan ratusan rumah lainnya yang terbakar lantaran tidak adanya kompartemenisasi atau tidak semuanya memakai bahan bata ringan (hebel) dan kebanyakan memakai bahan semi permanen seperti kayu.

“Jadi kalau mau dibangun lagi satu kampung supaya aman dari kebakaran besar, pastikan kompartemenisasinya itu semakin banyak semakin bagus bangunannya,” tukasnya. (aab)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini