Harga Tiket Pesawat Turun 15 Persen, Sandiaga: Ini Angin Segar

Sandiaga Uno. Foto: Net

RADAR TANGSEL RATAS – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan bahwa harga tiket pesawat turun 15 persen. Ia menyebut hal itu bisa menjadi angin segar bagi industri pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bertemu dengan dua grup maskapai besar perihal harga tiket pesawat. Alhasil, keduanya sepakat memberikan promo tiket, dengan target penurunan harga sekitar 15 persen.

“Good news teman-teman, ini berkat doa dari seluruh pihak. Berkat kerja sama, harga tiket pesawat turun 15 persen dan jadi angin segar bagi industri pariwisata,” kata Sandiaga seperti yang tertera pada Instagram pribadinya, Selasa (30/8).

“Dan ini kita perlu hargai upaya Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN adanya penurunan harga tiket pesawat, sangat diapresiasi oleh mesyarakat,” tambah Sandiaga.

Di samping itu, melalui kerja sama Menhub Budi dan Menteri BUMN Erick Thohir, Sandiaga menyinggung soal penambahan armada. Ini juga menjadi perhatian kedua menteri. Dan hasilnya, maskapai penerbangan dengan cepat menambahkan jumlah armadanya, mulai dari Garuda, Citilink, hingga Lion Group.

BACA JUGA :  Setelah BBM Subsidi, Giliran Tarif Ojol Bakal Naik

“Dan beberapa maskapai dari luar negeri juga ikut mendukung, sehingga harga tiket pesawat terus kita harapkan bakal lebih terjangkau, terutama saat akan memasuki peak season atau periode akhir puncak akhir masa liburan atau akhir tahun,” papar Sandiaga.

Melihat tren kenaikan harga tiket pesawat yang terjadi cukup lama, Sandiaga tak berdiam diri. Ia dan pemerintah akan mendorong adanya penambahan rute-rute penerbangan baru, utamanya ke destinasi wisata.

“Dan kenaikan harga tiket sekarang dalam kurun waktu yang lama ini kan berpotensi untuk menurunkan kunjungan wisatawan ke destinasi wisata, dan ini patut kita hindari dan terima kasih, harapannya ini bisa kita jaga momentum kebangkitan kita,” tuturnya.

Dalam keterangan unggahannya, Sandiaga juga menilai penurunan harga tiket ini jadi momentum tepat. Malahan terjadi ditengah harga yang lainnya masih bertengger di harga tinggi. “Sekarang yang mau healing dan refreshing tidak perlu pening,” tulisnya.

“Berkat doa dan kerjasama semua pihak, harga tiket pesawat turun 15 persen. Angin segar bagi industri pariwisata dan ekonomi kreatif, di tengah harga-harga dan beban biaya hidup yang meningkat,” tambah Sandiaga.

BACA JUGA :  Pangdam Jaya Menghadiri Acara Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Tahun 2023

Ia optimistis, kabar yang menyejukkan hati itu akan mendorong adanya lapangan kerja hingga peluang usaha. Alhasil, ekonomi pelaku UMKM bisa ikut terangkat, khususnya di titik-titik pariwisata.

Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan penurunan harga tiket pesawat sebesar 15 persen itu mengacu pada strategi Kemenhub yang sebelumnya telah disusun. “Turunnya harga tiket sekitar 10-15 persen itu perkiraan saja jika terobosan tersebut dapat dilakukan,” ujarnya.

Kemenhub sudah mengimbau maskapai dan stakeholders lainnya untuk mencari terobosan agar harga tiket pesawat bisa turun. Setidaknya, ada tiga terobosan baru yang diluncurkan oleh Kemenhub, di antaranya memberikan diskon harga tiket pesawat, memanfaatkan keterisian penumpang, dan menerapkan block seat.

“Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, salah satunya juga dengan melakukan promo-promo bersama berbagai pihak seperti yang dilakukan bersama bank,” tambah Adita. (BD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini