Pilot Maskapai Air France Berkelahi dengan Co-Pilot-nya Saat Terbang

0
41
Dua pilot Air France saling adu jotos di dalam kokpit saat sedang terbang di atas wilayah Afrika. Akibatnya, awak kabin dan seorang pramugari harus turun tangan untuk melerai perkelahian. (foto: istimewa)

RADAR TANGSEL RATAS – Pilot maskapai Air France berkelahi secara fisik dengan co-pilotnya di kokpit pesawat pada penerbangan dari Jenewa ke Paris di bulan Juni lalu. Kini keduanya diskors oleh Maskapai Air France. Sebelum diskors, keduanya berada dalam pengawasan ketat penyelidik di Prancis.

Seperti yang dirilis ABC News, Senin (29/8), penerbangan Jenewa-Paris saat itu tetap berjalan lancar dan semua penumpang selamat. Menurut perwakilan maskapai Air France, insiden perkelahian tersebut tidak mempengaruhi perjalanan pesawat dari Jenewa ke Paris.

Perkelahian antara pilot dan co-pilot Airbus A320 itu membuat salah satu awak kabin harus berada di area kokpit demi menjaga agar tidak ada pertengkaran yang lebih lanjut. Diketahui, mereka mulai bertengkar saat pesawat baru saja lepas landas dari Swiss.

Berita terkait perkelahian keduanya muncul setelah Badan Investigasi Udara Prancis mengeluarkan laporan pada Rabu lalu yang isinya menyebutkan bahwa beberapa pilot Air France kurang teliti dalam menjalani prosedur keselamatan yang ada.

Insiden perkelahian itu merupakan salah satu insiden non-teknis dari maskapai Air France yang setiap harinya menerbangkan ratusan pesawat dengan ratusan penerbangan. Insiden tersebut sebenarnya hanya sebagian dari laporan BEA yang berfokus pada kesalahan teknis maskapai Air France selama beberapa tahun terakhir hingga tahun 2022.

BACA JUGA :  Mantan Pengacara Ahok Jadi Kuasa Hukum Baru Bharada E, Pernah bela hercules hingga Tio Pakusadewo

La Tribune dari Swiss melaporkan bahwa saat pesawat baru saja lepas landas dari Swiss, pertengkaran antara pilot dan co-pilot dimulai dan kemudian pertengkaran tersebut makin parah hingga mereka saling meninju satu sama lain dan saling mencengkram kerah baju.

Pertengkaran tersebut memaksa para awak kabin dan satu pramugari menghabiskan waktunya selama penerbangan untuk turun tangan dan memantau di kokpik bersama kedua pilot dan co-pilot itu.

“Insiden itu berakhir dengan cepat tanpa mempengaruhi keselamatan penerbangan dan penumpang. Penerbangan berlangsung dengan normal,” kata seorang pejabat Air France.

Walaupun penerbangan hari itu berlangsung dengan aman dan mendarat dengan selamat di Prancis, insiden ini menjadi salah satu evaluasi untuk tersebut Air France agar para pilotnya tidak berperilaku yang tidak pantas dan membahayakan penumpang selama penerbangan berlangsung. (BD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini