Dugaan Kekerasan Seksual Putri Candrawathi hanya Pengakuan, Komnas Perempuan Serahkan Kepada Penyidik

0
63
Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani

RADARTANGSEL RATAS – Temuan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) soal dugaan kekerasan seksual yang dialami oleh istri mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi hanya sebatas pengakuan saja.

Ketua Komnas Perempuan, Andy Yentriyani mengatakan dugaan tersebut merupakan pengakuan dari Putri Candrawathi. Diakui Andy pihaknya tak memiliki bukti lain selain keterangan dari Putri Candrawathi tersebut.

“Kalo dilihat, berdasarkan UU TPKS (Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual) terkait dengan kasus kekerasan seksual bukti petunjuk itu keterangan yang harus dibuktikan alat bukti lain berdasarkan perundangan undangan,” ujarnya, Kamis, (1/9/2022).

Dia mengatakan, keterangan Putri Candrawathi tersebut adalah petunjuk awal yang selanjutnya harus diselidiki oleh kepolisian untuk pembuktiannya.

“Dalam hal ini kami, batasannya hanya sampai pada pengambilan keterangan, sementara untuk bukti lain, misal untuk melihat TKP, visum kita serahkan kepada penyidik, itu mengapa ? agar rekomendasinya agar penyidik untuk melakukan pendalaman lebih lanjut,” jelasnya.

Sebelumnya Putri Candrawathi juga sempat melaporkan kasus kekerasan seksual yang dialaminya ke Polres Jakarta Selatan meski akhirnya dihentikan. Pada laporannya disebut dugaan itu terjadi di rumah dinas Ferdy Sambo di Komplek Polri, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan pada 8 Juli 2022.

BACA JUGA :  Ferdy Sambo Tak Kunjung Ditunjukkan ke Publik Usai Jadi Tersangka, Ini Kata Kapolri

Menurut Andy pada laporan itu merupakan serangkaian skenario atau Obstruction of justice yang dilakukan oleh Ferdy Sambo untuk mengaburkan fakta pembunuhan Brigadir Josua Hutabarat.

Sedangkan, temuan Komnas HAM dugaan kekerasan seksual itu terjadi di Magelang, Jawa tengah pada 7 Juli 2022 lalu. Bukan bagian dari Obstruction of justice.(abd)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini