Dekranasda Week Festival 2022, Ajang Pendorong Kerajinan Jakarta untuk Terus Berkembang

0
29
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menutup Dekranasda Week Festival 2022 yang digelar selama enam hari sejak 31 Agustus lalu di Main Atrium Gandaria City. (foto: PPID DKI Jakarta)

RADAR TANGSEL RATAS – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya menutup Dekranasda Week Festival (DWF) 2022 di Main Atrium Gandaria City, pada hari Minggu (4/9).

Dekranasda Week Festival merupakan etalase bagi 72 peserta pameran yang terdiri dari perajin Jakarta (fashion, craft, accessories), UMKM Jakpreneur di bidang kuliner, serta kolaborator/pendukung acara yang telah digelar selama enam hari sejak 31 Agustus lalu.

Diikuti sebanyak lebih dari 30 perajin di DKI Jakarta, kegiatan ini bertujuan untuk mendukung perajin Jakarta dalam mengembangkan berbagai potensi kerajinan dan mempromosikan dengan cara menampilkan ciri khas Jakarta.

Dalam acara tersebut juga digelar fashion show busana dari perajin yang dipakai oleh para pejabat Pemprov DKI Jakarta. Tak main-main, omzet penjualan produk para perajin di acara ini mencapai Rp 350 juta dalam lima hari.

“Kita saksikan karya dari perajin Jakarta, terdapat variasi yang luar biasa banyak dan inilah yang disebut sebuah inovasi di mana kebudayaan itu berkembang terus. Kami berharap inovasi itu disiapkan pasarnya melalui Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) DKI Jakarta,” tutur Anies, seperti yang dirilis PPID DKI Jakarta, Minggu (4/9).

BACA JUGA :  Mobil Serv℠ Academy 2022 Tingkatkan Kompetensi untuk Solusi Pelumasan demi Kepuasan Pelanggan

Anies berharap kegiatan Dekranasda Week Festival menjadi wadah untuk bertemunya perajin di Jakarta dengan pasar yang potensial. Terlebih, Jakarta merupakan kota dengan pasar terbesar dan para perajin yang penuh dengan inovasi karya.

“Ke depan, Dekranasda akan menjadi wadah pengembangan produk kerajinan unggulan Jakarta. Kegiatan ini juga merupakan wadah bagi bertemunya karya dengan pasar potensial. Kita saksikan potensi besar dan saya harap jangan berhenti di sini dan diteruskan ke depan supaya lebih besar perkembangannya,” papar Anies.

Ia juga menyebut kegiatan yang merupakan kolaborasi besar dengan berbagai pihak, mulai dari perajin, pemerintah, hingga pihak swasta, ini menjadi penyemangat untuk terus berinovasi.

“Apalagi Jakarta merupakan pasar terbesar, tempat bagi siapapun untuk berinovasi, melakukan terobosan. Sehingga kita harus dorong perajin kita makin inovatif dan pasarnya makin berkembang,” ujarnya.

Melalui kegiatan Dekranasda Week Festival ini, Anies juga berharap agar pasar kerajinan Jakarta makin berkembang melalui inisiasi ke pasar digital.

“Kita kemarin melewati pandemi dua tahun, dan kita harus buka pasar-pasar baru, salah satunya pasar digital. Kita merasa bersyukur bisa melaksanakan kegiata ini. Kita berharap Dekranasda terus berkembang dan mudah-mudahan kegiatan ini jadi event tahunan,” tutur Anies. (BD)

BACA JUGA :  Kembali Menggeliat, Angka Ekspor Indonesia pada Maret 2023 Capai US$ 23,50 Miliar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini