Cari Pj Gubernur DKI Pengganti Anies Baswedan, DPRD: Setiap Fraksi Usulkan Tiga Nama

0
54
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Rani Mauliani, menjelaskan bahwa rapimgab nanti juga akan membahas mekanisme penunjukan Pj Gubernur pengganti Anies, yang diikuti oleh seluruh fraksi DPRD DKI. (foto: istimewa)

RADAR TANGSEL RATAS – DPRD DKI Jakarta memastikan bakal menggelar rapat pimpinan gabungan (rapimgab) untuk menentukan tiga nama usulan calon Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan.

Seperti yang sudah diketahui, masa jabatan Anies sebagai orang nomor satu di DKI Jakarta bakal berakhir pada Oktober 2022 mendatang. Mekanisme rapimgab dipilih karena waktu yang terbatas.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Rani Mauliani, mengaku telah berbicara dengan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi terkait usulan nama calon Pj Gubernur pengganti Anies.

“Kita rencananya akan bahas perihal ini dalam rapimgab, yang mana biasanya dalam rapimgab itu melibatkan para pimpinan-pimpinan komisi maupun fraksi-fraksi,” tuturnya, seperti yang dirilis Liputan6.com, Jumat (9/9).

Menurut Rani, selain menentukan tiga nama Pj Gubernur, rapimgab nanti juga akan membahas mekanisme penunjukan Pj Gubernur pengganti Anies, yang diikuti oleh seluruh fraksi DPRD DKI. “Rapimgab itu sendiri bagian dari mekanismenya,” ujarnya.

Pada rapimgab nanti, kara Rani, setiap fraksi boleh menyampaikan usulan nama calon Pj Gubernur meskipun berbeda-beda. Dalam hal penentuan nama calon nama Pj pun, kewenangannya, dikomunikasikan oleh masing-masing ketua fraksi.

BACA JUGA :  Kim Jong Un Siap Perang Melawan Amerika dan Ancam Bakal Hancurkan Korsel

“Hal tersebut domainnya ketua fraksi. Tapi menurut info yang saya dengar, setiap fraksi boleh menyampaikan usulannya. Dan untuk Gerindra sendiri sih tidak ada arahan mengusung satu nama secara spesifik,” papar Rani.

Ia kemudian mengatakan bahwa pihaknya akan mengikuti sistem dan mekanisme sebagaimana mestinya. “Karena hal tersebut ujungnya pun kewenangan dari Kemendagri,” tutur Rani.

Kendati rapimgab bakal digelar, Rani mengatakan sejauh ini belum ada perkembangan yang spesifik di DPRD DKI Jakarta terkait pembahasan seputar penentuan tiga nama usulan calon Pj Gubernur DKI Jakarta.

Pasalnya, kata Rani, DPRD DKI baru saja menyelesaikan pembahasan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P2APBD) 2021 pada pekan lalu. “Mudah-mudahan mungkin minggu depan ada up date info terbaru,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono, mengaku sudah memiliki tiga nama calon Pj Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies. Tapi, ia masih menutup mulut rapat-rapat dan belum dapat memberi tahu ketiga nama orang tersebut.

BACA JUGA :  PERWATAS Gelar Survei Calon Wali Kota Tangsel dan Cagub Banten 2024, Ikuti Polling-nya!

“Kalau itu PDIP sudah, kita sudah punya tiga nama. Cuma siapanya ya nanti dong. Belum diini kok sudah diminta sekarang,” kata Gembong, seperti yang dikutip merdeka.com, Sabtu (3/9).

Sebelumnya, beredar sejumlah nama potensial yang bakal menggantikan Anies. Nama-nama tersebut adalah Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali, dan Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Bidang Informasi dan Komunikasi Politik Juri Ardiantoro.

Menurut Gembong, ketiga nama tersebut juga masuk dalam pantauan partai yang dikomandoi oleh Megawati Soekarnoputri tersebut. “Tapi, apakah itu nanti menjadi keputusan Fraksi PDIP, ya nantilah. Saatnya nanti kita sampaikan,” ujar Gembong. (BD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini