Anies Siap Nyapres, Sekjen NasDem: Calon Tanpa Koalisi, Tidak Akan Jalan!

0
64
Sekjen NasDem Johnny G. Plate meyakini, bila capres dan cawapres tidak didukung koalisi, maka tidak akan jalan. Begitu juga sebaliknya, kalau ada koalisi tapi tidak bisa membentuk pasangan capres-cawapres, tidak akan jalan juga. (foto: istimewa)

RADAR TANGSEL RATAS – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Johnny G. Plate mengatakan banyak hal yang harus dilakukan sebelum mengumumkan sosok calon presiden (capres) yang akan diusung pada Pilpres 2024. Dia mengatakan NasDem harus benar-benar memastikan agar capres yang diusung nantinya menang di Pilpres.

“Jangan diterjemahkan sampai di calon. Kalau sekadar calon bisa cepat. Gampang kan. Tapi calonnya bisa menang enggak? Itu perlu pendalaman, kerja sama politik,” tutur Johnny kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (19/9), seperti yang dirilis Liputan6.com.

Dia mengatakan bahwa Partai NasDem harus berkoalisi dengan partai politik lain untuk mengusung sosok capres untuk Pilpres 2024. Untuk itu, NasDem masih berkomunikasi dengan partai politik lainnya untuk membangun satu koalisi dan menyepakati siapa capres yang diusung.

“Kita harus memastikan juga terbentuk koalisi dengan syarat minimal yang ada di UU, yaitu 20 persen. Ini yang harus kita perhatikan,” ujarnya

Menurut Johnny, Kalau ada calon dan pasangan tapi tidak ada koalisi, maka tidak akan jalan. Begitu juga sebaliknya, kalau ada koalisi tapi tidak berhasil membentuk pasangan, tidak jalan juga.

BACA JUGA :  Terhenti Sejak 2014, Pemerintah Bakal Kembali Eksplorasi Migas pada Tahun 2023

Kendati begitu, Johnny mengatakan ada sejumlah syarat khusus untuk capres yang diusung NasDem. Salah satunya, harus bersedia melanjutkan pembangunan yang dilakukan di pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

“Untuk catatan ya, NasDem selalu sampaikan, yang pertama, capres yang diusung harus punya kemampuan dan kesediaan menjaga kontinuitas pembangunan yang sudah dilaksanakan kabinet Pak Jokowi,” ujarnya. “Harus punya komitmen dan kemampuan pelaksanaan,” sambung Johnny.

Sebelumnya, Partai NasDem telah mengumumkan tiga nama bakal calon presiden 2024. Ketiga nama itu antara lain, Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Sementara itu, Anies Baswedan menyatakan siap maju dalam kontestasi pemilu tahun 2024 sebagai capres. Hal itu diungkapkan Anies saat diwawancara oleh sebuah media asing di Singapura.

Anies bakal mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 16 Oktober 2022 mendatang. Selama beberapa bulan belakangan, namanya selalu muncul dalam berbagai survei independen sebagai salah satu tokoh yang diperkirakan bakal mengikuti Pilpres 2024. (BD)

BACA JUGA :  Baliho Bertulisan "Jokowi: 2024 Jatahnya Pak Prabowo" Ramai di Bandar Lampung, PDIP: Tidak Ada Masalah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini