Manchester United dan Liverpool Bakal Dibeli Investor Asal Arab Saudi?

0
12
Rencana investor asal Arab Saudi untuk membeli Manchester United (MU) mendapat persetujuan dari Pangeran Abdulaziz bin Turki Al Faisal selaku Menteri Olahraga Arab Saudi. Abdulaziz menegaskan bahwa setiap tawaran dari investor asal negeri sendiri akan didukung penuh oleh pemerintah. (foto: istimewa)

RADAR TANGSEL RATAS – Pemerintah Arab Saudi, melalui Kementerian Olahraganya, memberikan lampu hijau kepada investor swasta dari negaranya untuk dalam waktu dekat membeli dua klub raksasa Liga Inggris, yaitu Manchester United dan Liverpool.

Untuk diketahui, memasuki akhir 2022, Liverpool dan MU berstatus dijual. Pemilik Liverpool, Fenway Sports Group, sedang mempertimbangkan menjual sepenuhnya kepemilikan klub bola tersebut.

Dan tak berselang lama, giliran Keluarga Glazer yang menyatakan rencananya menjual MU. Pernyataan Keluarga Glazer ini dimuat sesaat setelah MU memutus kontrak megabintang Cristiano Ronaldo.

Gosip yang berembus di Inggris, MU dan Liverpool bakal dibeli oleh investor dari Arab Saudi. Konglomerat asal negara Timur Tengah ternyata sudah lama mengincar kepemilikan MU dan Liverpool.

Singkat cerita, rencana pembelian MU dan Liverpool mendapat persetujuan dari Pangeran Abdulaziz bin Turki Al Faisal selaku Menteri Olahraga Arab Saudi. Abdulaziz menegaskan bahwa setiap tawaran dari investor swasta Arab Saudi akan didukung penuh oleh pemerintah.

“Dari sektor swasta, saya tidak dapat berbicara atas nama mereka, tapi ada banyak minat dan ada banyak gairah tentang sepak bola,” kata Menteri Oahraga Saudi itu.

BACA JUGA :  NTT Jadi Provinsi Termiskin di Indonesia, Viktor Laiskodat: Pemimpinnya Tolol!

Abdulaziz juga menjelaskan bahwa Liga Premier adalah liga yang paling banyak ditonton di Arab Saudi dan kawasan di sekelilingnya. Para penggemarnya pun sangat banyak.

“Kami pasti akan mendukungnya jika ada sektor swasta (Saudi) masuk, karena kami tahu itu akan berdampak positif bagj olahraga di kerajaan. Tapi jika ada investor yang mau melakukannya dan jumlahnya bertambah, kenapa tidak?” tutur Abdulaziz, dikutip dari BBC (24/11/2022).

Sebelum MU dan Liverpool, sudah ada klub Liga Inggris yang dibeli oleh investor Arab Saudi, yakni Newcastle United. The Magpies dimiliki oleh konsorsium pimpinan Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) sejak Oktober tahun lalu.

Sejak dibeli oleh MBS, Newcastle melesat prestasinya. Meski diawal kepemilikan MBS sempat berada di zona degradasi, kini klub yang bermarkas di St James Park itu menempati posisi tiga pasa klasemen Liga Inggris.

Untuk MU sendiri, investor Arab Saudi bakal mendapat saingan sangat sengit. Kabarnya raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Apple, juga berminat membeli MU. Bahkan, untuk memiliki The Red Devils, Apple siap mengeluarkan dana sebesar 5,8 miliar Poundsterling. (BD)

BACA JUGA :  Kecelakaan Beruntun di Cibubur, Sopir Truk Langsung Minta Dibawa ke Polsek

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini