Deddy Corbuzier Diberi Pangkat Tituler, Pengamat Militer: Pemberian Tersebut Perlu Dikaji Ulang

0
31
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan pangkat Letnan Kolonel Tituler TNI AD kepada Deddy Corbuzier. Pangkat yang diberikan Menhan kepada Deddy Corbuzier ini disahkan oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan KSAD Dudung Abdurachman. (foto: instagram/@mastercorbuzier)

RADAR TANGSEL RATAS – Pengamat Militer Universitas Padjadjaran, Muradi, mengkritisi pangkat Tituler Letnan Kolonel yang diberikan kepada artis Deddy Corbuzier. Ia meminta agar pemberian pangkat tituler itu dikaji ulang.

Menurut Muradi, pemberian pangkat kepada Deddy Corbuzier hanyalah karena kedekatan personal antara Deddy dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Panglima TNI Andika Perkasa.

“Saya sih menduga dugaan saya karena mohon maaf Pak Andika suka alat berat kemudian Deddy Corbuzier juga, ada kesamaan gym, mungkin itu menurut saya. Kalau melihat dari kontribusi Deddy ya, ditambah pernah mengundang Pak Prabowo (di podcast) dan dianggap bagus, mungkin itu, kalau itu sih saya bilang ya gegabah teman-teman TNI memberikan Pangkat tituler itu,” ujarnya, dikutip dari merdeka.com (12/12).

Muradi menyarankan agar TNI AD mengkaji betul apakah sudah tepat memberikan pangkat tersebut kepada Deddy. Dia lalu mempertanyakan apa sebenarnya kontribusi Deddy kepada TNI.

“Jadi memang harus memungkinkan, tapi timnya harus memastikan kontribusi untuk TNI apa. Saya sih tidak mempermasalahkan Deddy Corbuzier-nya tapi apakah timnya mengkaji pemberian pangkat tituler itu betul-betul paham dan clear kontribusi Deddy Corbuzier kepada institusi TNI,” tuturnya.

BACA JUGA :  Usut Dugaan Korupsi di PT Amarta Karya, KPK Tetapkan Dirut dan Dirkeu Sebagai Tersangka

Seharusnya, kata Muradi, pertimbangan pemberian pangkat bukan karena Deddy memiliki platform podcast yang besar dan terkenal. Jika itu faktornya, maka artis seperti Raffi Ahmad dan Atta Halilintar juga bisa dapat pangkat itu.

“Jadi bukan itu poinnya, makanya harus di-clear-kan. Makanya saya jujur sama pertanyaan saya, apa ya kira-kira kontribusi Deddy. Karena buat saya itu agak unik. Karena jarang sekali masyarakat umum bukan ASN, bukan pejabat, itu dikasih pangkat tituler,” katanya.

Sementara itu, juru bicara (Jubir) Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengungkapkan alasan Deddy diberikan pangkat Letnan Kolonel Tituler. Menurutnya, Deddy memiliki kelebihan khusus soal komunikasi di media sosial.

“Deddy punya kapasitas khusus terkait komunikasi di sosial media. Influencer,” kata Dahnil, dikutip dari merdeka.com (12/12).

Lebih lanjut, kata Dahnil, Deddy merupakan Duta Komponen Cadangan (Komcad) TNI. Dengan kelebihannya sebagai influencer, dia bisa mengamplifikasi hal-hal terkait militer dan pertahanan RI. Dengan demikian, kontribusi Deddy dibutuhkan.

“Sebagai Duta Komcad, dia bisa mengamplifikasi semua hal terkait dunia militer TNI dan pertahanan RI, dan ini yang belum dimiliki oleh prajurit TNI lainnya, makanya dia dianggap dibutuhkan,” papar Dahnil. (BD)

BACA JUGA :  Tegas! Pihak Berwenang Bakal Deportasi WNA Pembuat Onar di Bali

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini