Jelang Akhir Tahun, Kapolri Lakukan Rotasi dan Mutasi Besar-besaran Terhadap Korps Bhayangkara

0
40
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi dan mutasi besar-besaran terhadap sejumlah pejabat Korps Bhayangkara. Secara total, setidaknya ada 704 perwira tingkat tinggi dan menengah yang dirotasi dan dimutasi. (foto: istimewa)

RADAR TANGSEL RATAS – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi terhadap sejumlah Perwira Tinggi (Pati) di Korps Bhayangkara. Dua posisi yang turut rotasi adalah Kapolda Kepulauan Riau dan Kapolda Bengkulu. Selain itu, ada juga 10 jabatan wakapolda yang mengalami rotasi.

Dikutip dari detik.com (24/12/2022), rotasi jabatan ini mengacu pada TR dengan nomor ST/2775/XII/KEP./2022. Surat telegram tersebut dikeluarkan pada Jumat (23/12/2022).

Khusus di Bengkulu, Kapolri memutasi Kapolda Bengkulu Irjen Agung Wicaksono sebagai Pati Polda Bengkulu dalam rangka pensiun.

Kapolri kemudian menunjuk Irjen Armed Wijaya yang sebelumnya ditugaskan di Kemenko Polhukam untuk mengisi posisi sebagai Kapolda Bengkulu. Sementara Kapolda Kepulauan Riau Irjen Aris Budiman dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Binkar SSDM Polri.

Brigjen Tabana Bangun yang sebelumnya menjabat Wakapolda Kepri mendapatkan promosi menjadi Irjen untuk mengisi posisi Kapolda Kepri.

Selain itu, Kapolri juga memutasi Kapuslabfor Polri Brigjen Agus Budiharta sebagai Pati Bareskrim Polri dalam rangka pensiun.

Lalu, posisi Kapuslabfor ditempati oleh Kombes Haris Aksara yang sebelumnya menjabat sebagai Sespuslabfor Polri. Lewat penunjukan tersebut, Haris mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Brigjen.

BACA JUGA :  Borobudur Kini Siap Sambut Kedatangan Wisatawan dengan Wajah Baru

Kemudian, Kapolri menunjuk Brigjen Viktor Theodorus Sihombing yang sebelumnya menjabat sebagai Karokermaluhkum Divkum Polri menjadi Kadivkum Polri.

Viktor ditunjuk menggantikan posisi Brigjen Remigius Sigid Tri Hardjanto yang dimutasikan sebagai Pati Polri dalam rangka pensiun.

Sepuluh posisi jabatan wakapolda yang dirotasi antara lain Wakapolda Sumsel, yang sebelumnya dijabat oleh Brigjen Rudi Setiawan. Brigjen Rudi diangkat dalam jabatan baru sebagai Sahlisospol Kapolri.

Jabatan Wakapolda Sumsel kemudian diisi oleh Kombes Zulkarnain. Kombes Zulkarnain sebelumnya menjabat Wadirditipedder Bareskrim.

Posisi Wakapolda Sumut juga mengalami rotasi. Jabatan ini sebelumnya diisi oleh Brigjen Dadang Hartanto dan kini diangkat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Wakapolda Sumut kini dijabat oleh Brigjen Jawari. Jabatan terakhir Brigjen Jawari sebelumnya sebagai Karodalpres SSDM Polri.

Rotasi juga menyasar posisi Wakapolda Kalteng. Jabatan ini sebelumnya dijabat oleh Irjen Ida Oetari.

Dalam TR terbaru dari Kapolri ini, Irjen Ida dimutasikan sebagai pati Polda Kalteng dalam rangka pensiun. Posisinya sebagai Wakapolda Kalteng lalu diganti oleh Brigjen Mohammad Agung Budjiono yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Kalsel. (BD)

BACA JUGA :  Dianggap Lakukan Kesalahan Fatal, Dirut PT LIB Resmi Jadi Tersangka Tragedi Kanjuruhan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini