Nah Loh! Mulai Tahun 2023, LPG 3 Kg Hanya Diperuntukkan Bagi Orang Miskin!

0
10
Salah satu cara untuk menyalurkan LPG 3kg agar tepat hanya sampai ke orang miskin adalah dengan mewajibkan si pembeli menunjukkan KTP. Sayangnya, saat ini mekanisme pembelian LPG 3 kg dengan KTP belum ada. (foto: istimewa)

RADAR TANGSEL RATAS – Rumor seputar rencana pemerintah bakal membatasi pembelian LPG 3 kg terus menggema di mana-mana. Terlebih, tahun depan nanti LPG 3 kg hanya disalurkan bagi orang miskin.

Salah satu cara untuk menyalurkan LPG 3kg tepat hanya sampai ke orang miskin adalah dengan mewajibkan si pembeli menunjukkan KTP. Sayangnya, saat ini mekanisme pembelian LPG 3 kg dengan KTP belum ada.

Kepala BPH Migas Erika Retnowati menjelaskan, cara tersebut merupakan tahap menuju distribusi subsidi tertutup. Dengan demikian, nantinya subsidi benar-benar dirasakan oleh orang yang berhak.

“Jadi menuju distribusi tertutup, LPG itu kan ada subsidinya, supaya subsidi itu tepat sasaran supaya orang-orang yang berhak,” ungkap Erika kepada wartawan yang ditulis, Senin (26/12/2022), dikutip dari Suara.com.

Erika melanjutkan, nantinya orang miskin yang masuk dalam data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang diperbolehkan membeli LPG 3 kg. “Kemudian kan nanti ada data, dicocokkan data P3KE ya, itu memang orang-orang yang miskin,” tuturnya.

Meski demikian, Erika menambahkan, pembelian LPG 3 kg menggunakan KTP akan dilakukan bertahap, sambil melakukan sosialisasi ke konsumen.

BACA JUGA :  Setelah Ibu Kota Negara Pindah ke IKN, Jakarta Tak Akan Lagi Memiliki Bupati dan Wali Kota?

Sebelumnya, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menjelaskan bahwa masyarakat bisa membeli LPG 3 kg hanya menunjukkan KTP, sehingga tidak ribet perlu daftar lewat aplikasi terlebih dahulu.

Untuk menjalankan mekanisme itu, Pertamina akan menyinkronkan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem atau Data P3KE dengan data pembeli LPG 3 kg.

“Masyarakat tidak perlu mendownload aplikasi ataupun QR Code. Membeli seperti biasa, cukup tunjukkan KTP-nya,” ujar Irto (21/12).

Dia melanjutkan, masyarakat yang sudah masuk data P3KE bisa lanjut membeli LPG 3 kg. Sedangkan bagi masyarakat yang belum terdaftar, datanya akan bisa di-update langsung agar bisa membelinya seperti biasa.

Menurut Irto, mekanisme ini sebenarnya sudah berjalan di pangkalan-pangkalan LPG. Hanya saja, pencatatannya masih manual. Nantinya dengan cara tersebut, proses pembelian bisa dilakukan dengan digitalisasi. (BD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini