Pemkot Tangsel Peduli Kesehatan Kaum Lansia, Lho, Nih Buktinya! Dokter Alin Hendarlin Pasti Senyum-senyum Bacanya

0
23

RADAR TANGSEL RATAS – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) peduli terhadap kesehatan kaum lansia alias lanjut usia. Apa buktinya?

Buktinya, pada Kamis, 29 Desember 2022, Dinas Kesehatan Tangsel menggelar pengecekan kesehatan pada kaum lansia. Seperti di Puskesmas Lengkong Wetan, Serpong, dalam pantauan awak redaksi Kantor Berita ratas.id RADAR TANGSEL, mulai Kamis pagi, 29 Desember 2002, pukul 08.00 WIB, kaum lansia mendapat pemeriksaan kesehatan.

Sebelum masuk ke ruangan di lantai 2 puskesmas tersebut, para lansia mendapat makanan ringan. Satu per satu, kaum lansia yang didominasi nenek-nenek dan kakek-kakek itu antre dites tensi darahnya.

Kemudian, mereka menunggu menjalani tes kesehatan berikutanya. Di antaranya, dicek atau diambil darahnya untuk diperiksa apa saja jenis penyakit yang dideritanya.

Termasuk, mereka diambil urine atau air seninya untuk dilihat dan diperiksa petugas kesehatan. Seorang lansia, Poniyem (76) mengaku senang ikut program ini.

“Senang. Bisa diperiksa kesehatannya,” ucap lansia yang tinggal di Kawasan Lengkong Gudang Timur, Serpong itu, kepada awak redaksi Kantor Berita ratas.id RADAR TANGSEL, di sela-sela pemeriksaan.

BACA JUGA :  Angka Stunting di Tangsel Turun Jadi 9 Persen, PSI Serpong Kasih Jempol Dinkes dan Apresiasi Pemkot

Dari pantauan ratas.id, para lansia pun sangat antusias dan sabar antre mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan tersebut. Seorang petugas kesehatan di lokasi menyebutkan, ini adalah Prolanis.

Diketahui, Prolanis adalah Program Pengelolaan Penyakit Kronis. Yaitu, program dari BPJS kesehatan yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup para penderita penyakit kronis dan merupakan kegiatan terintegrasi yang membutuhkan kerja sama solid antara BPJS kesehatan, fasilitas kesehatan, dan pasien.

Kinerja Kepala Dinas Kesehatan Tangsel, Dokter Alin Hendarlin Mahdaniar pun diapresiasi masyarakat. “Ini program bagus untuk kaum lansia. Kalau bisa, dinas kesehatan (Tangsel) bisa rutin melaksanakan program ini. Mudah-mudahan, Bu Dokter Alin Hendarlin mendengarkan aspirasi kami. Dan senyum senang mendengarkan keinginan kami,” ucap warga yang enggan menyebutkan namanya usai menjalani pemeriksaan kesehatan di lokasi. (AGS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini