Klaim Miliki 10 Juta Anggota, Partai Buruh Bakal Gelar Konvensi untuk Tentukan Capres-Cawapres

0
29
Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan bakal menggar konvensi pada Selasa mendatang (17/1/2023) untuk membahas siapa capres dan cawapres pilihan partainya. (foto: istimewa)

RADAR TANGSEL RATAS – Partai Buruh berencana akan menggelar konvensi untuk menentukan nama-nama calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan didukung pada Pemilu 2024 nanti.

Dikutip dari Suara.com, Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan pembahasan capres-cawapres akan dilakukan melalui konvensi. “Nanti ada bentuk konvensi yang kita gelar seperti bentuk Amerika, tapi perpaduan konvensinya Brazil Amerika latin,” tuturnya di Kelapa Gading. Jakarta Utara, Sabtu (14/1/2023).

Said menyebut salah satu metode untuk menentukan nama bakal calon capres dan cawapres yang bakal ikut konvensi yakni menggunakan survei internal.

“Kan buruh banyak ada 10 juta anggota kita. Di 10 juta ini kita mau tanya, tapi tentu pakai metode ilmiah, kamu pilih siapa, apa betul itu tiga nama yang terus beredar itu, jangan-jangan buruh ada pilihan lain,” ujar Said.

Meski demikian, Said sadar partainya yang baru tidak akan mampu mengusung capres dan cawapresnya sendiri. Karena itu Partai Buruh juga berencana menggandeng partai lain untuk hal tersebut. “Kami akan ajak partai lain mungkin ada calon alternatif, mungkin ada nama alternatif, mungkin,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Tanggapi Gugatan PSI ke MK Soal Usia Capres-Cawapres, Denny Indrayana: Itu Sangat Salah dan Harus Dilawan!

Indikator lainnya yang akan digunakan untuk penentuan nama bakal capres-cawapres, kata Said, adalah hasil survei nasional dan hasil survei rakyat, atau yang disebutnya sebagai musyawarah rakyat (musra).

“Indikator yang kedua dibahas adalah lembaga survei nasional. Itu juga kita jadikan patokan. Yang ketiga adalah berdasarkan survei rakyat. Survei rakyat itu misalnya kaya musra,” papar Said.

Seperti yang sudah diketahui, Partai Buruh resmi menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2022 di Sport Mall, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (14/1/2023).
Saiq menjelaskan dalam Rakernas, pihaknya akan mengumumkan nama calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan didukung pada Pemilu 2024.

“Partai Buruh dalam Rakernas akan bahas siapa capres dan cawapres. Pada saat ini belum bisa kami umumkan,” kata Said Iqbal dalam sambutannya di Rakernas 2022.

Said mengatakan nama capres dan cawapres jagoan Partai Buruh akan diumumkan tepatnya pada Selasa (17/1/2023) mendatang.

“Tapi pada saat ini kami akan umumkan di dalam rakernas. Minggu depan tanggal 17 Januari di Mall Ciputra Grogol, nanti bisa lihat siapa namanya-namanya,” ungkap Said.

BACA JUGA :  Akibat Naiknya Harga BBM Subsidi, Buruh Menuntut Upah Minimum Naik 13 Persen Pada 2023

Dia menyebut sejumlah nama capres dan cawapres merupakan nama-nama yang diusulkan dari para kader Partai Buruh dan bukan hasil keputusan sepihak para pimpinan partai. (BD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini