Ssssst…! KIB Deklarasikan Dukung Anies Baswedan Nyapres di Pilpres 2024?

0
38
Sejumlah kader dari partai Golkar, PPP, dan PAN membentuk Sekretariat Bersama (Sekber) Kuning-Ijo-Biru atau disingkat 'KIB' sebagai wadah untuk menampung relawan yang mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pemilu 2024 mendatang. (foto: istimewa)

RADAR TANGSEL RATAS – Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dibentuk Partai Golkar, PPP, dan PAN hingga saat ini belum mengumumkan calon presiden yang bakal mereka usung.

Hal itu menjadi alasan sejumlah kader dari ketiga partai tersebut untuk membentuk Sekretariat Bersama (Sekber) Kuning-Ijo-Biru atau disingkat ‘KIB’ sebagai wadah untuk relawan yang mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

Dikutip dari Suara.com (1/2/2023), Sahrin Hamid, Kader Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga Ketua Umum Relawan Amanat Indonesia (Anies), mengatakan ingin menunjukkan keberpihakannya kepada Anies.

“Nah karena partai belum memutuskan, nah kami ingin muncul untuk menunjukkan keperpihakan, bahwa kita sebagai bagian dari entitas PAN itu berpihak. Menunjukkan keberpihakan itu secara terbuka kepada Anies sebagai calon presiden,” kata Sahrin kepada wartawan di salah satu hotel di Jakarta Pusat, Rabu (1/2/2023).

Sahrin menyebut ‘KIB’ sebagai alat untuk mendesak kepada partainya agar segera memutuskan mendukung Anies Baswedan. “Kami ingin menyampaikan kepada partai bahwa partai harus memutuskan apa yang menurut akar partai itu sebagai calon presiden,” ujarnya.

BACA JUGA :  Gara-Gara Ego Sektoral Kronis, Keamanan Siber Indonesia Peringkat Ketiga Terbawah di G20

kata Sahrin, ‘KIB’ melihat bahwa mayoritas akar rumput PAN mendukung Anies. “Makanya kita ingin mendesak bahwa ini adalah bagian dari upaya untuk mendesak kepada PAN, agar segera memutuskan, PAN juga mengusung Anies sebagai calon presiden,” tuturnya.

Selain itu, Sahrin juga mengemukakan bahwa ‘KIB’ sebagai alat untuk mengajak konstituen PAN yang belum menentukan pilihan atau bingung untuk mengusung calon presiden.

“Mengajak konstituen PAN yang lain, yang selama ini bingung belum ada pilihan atau sudah ada pilihan tapi partainya belum memutuskan,” kata Sahrin.

Sahrin juga menjelaskan bahwa kelompoknya sudah memiliki wadah yang namanya Amanat Indonesia (Anies) sebagai instrumen untuk memperjuangkan Anies, sambil menunggu partai yang punya mekanisme tersendiri untuk memutuskan nanti.

Relawan Kuning-Ijo-Biru atau ‘KIB’ merupakan gabungan dari tiga kelompok relawan Anies yaitu Kornas Go-Anies (Kuning), Kornas Forum Ka’bah Membangun (Ijo) dan Kornas Amanat Indonesia (Biru).

Tiga kelompok relawan itu dipimpin oleh kader dari tiga partai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Mereka adalah Ketua Go-Anies, Sirajuddin Abdul Wahab dari kader Golkar, Ketua Forum Ka’bah Membangun, Habil Marati kader partai PPP, dan Ketua Umum Amanat Indonesia, Sahrin Hamid dari PAN. Ketiganya pun telah mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden.

BACA JUGA :  Romahurmuziy Terang-terangan Ungkap Jokowi Punya Dua Skenario untuk Pilpres 2024

“Kami tiga simpul relawan Go-Anies, Forum Ka’bah Membangun, Amanat Indonesia (Anies) di seluruh Indonesia dengan ini menyatakan membentuk Sekretariat Bersama dengan nama Kuning-Ijo-Biru (Sekber KIB),” kata Sirajuddin Abdul membacakan deklarasinya.

Relawan Kuning-Ijo-Biru yang mereka bentuk dijadikan wadah untuk memenangkan Anies pada pemilihan umum 2024 mendatang.

“Sebagai wadah bersama, setara, dan solid untuk memperjuangkan dan memenangkan Anies Rasyid Baswedan sebagai Presiden Republik Indonesia,” kata Sirajuddin. (BD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini