“Head to Head” Airin Vs Wahidin Dalam Perebutan Kursi Banten-1, Tim Keduanya saling Klaim akan Menangkan Jagoannya, Siapa Kira-kira yang Jadi Jawara?

0
36

RADAR TANGSEL RATAS – Pemilihan gubernur Banten memang masih setahun lebih. Tetapi, gaungnya sudah mulai terasa dari sekarang.

Nama-nama bakal calon gubernur (cagub) Banten pun bermunculan. Di antara nama-nama yang ada, dalam pengamatan redaksi Kantor Berita ratas.id RADAR TANGSEL, ada dua sosok yang dinilai memiliki kans alias peluang menang cukup tinggi.

Pertama, Ketua DPD Partai Golkar Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmy Diany. Dan, kedua adalah mantan Gubernur Banten, Wahidin Halim.

Airin adalah mantan wali kota Tangsel dua periode. Sedangkan, Wahidin Halim juga pernah menjadi wali kota Tangerang dua periode dan kini menjadi kader NasDem setelah loncat dari Demokrat.

Seberapa besar peluang keduanya akan dapat menduduki kursi Banten-1? Meski kedua tim masing-masing mengklaim jagoannya akan menang, siapa kira-kira yang akan jadi jawara di Banten?

NasDem Optimis WH Jungkalkan Airin

Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasional Demokrat (Wasekjen DPP Partai NasDem), Hermawi Taslim saat dihubungi ratas.id, Ahad, 5 Februari 2023 mengatakan, pihaknya yakin dan optimis, Wahidin Halim (WH) akan dapat menjungkalkan Airin jika head to head (kepala ke kepala) alias adu kuat terjadi antara keduanya. Sebab, kata Hermawi, WH mempunyai keunggulan dalam hal pengalaman menjadi gubernur dibandingkan Airin.

“WH sudah menyambangi DPP (NasDem) dan sudah menyatakan keinginannya untuk bersama NasDem. Kami optimis, WH akan berkembang di NasDem karena dia sedang dan akan terus mengalami suasana baru. Yakni suasana tanpa mahar,” ucap Hermawi.

Sebagai langkah pertama, lanjut Hermawi, WH akan dicalonkan oleh NasDem sebagai caleg DPR RI di Dapil Banten 3. “Lalu November (2024) beliau akan maju sebagai cagub dan semoga bisa merebut posisi itu untuk periode yang ke-2,” paparnya.

Ia melanjutkan, memang benar, ketika DPP NasDem berkunjung ke DPP Partai Golkar di Slipi, Rabu lalu, ketum Golkar menginformasikan bahwa DPP Golkar akan mengusung Airin sebagai cagub Banten. “Dan kalau memang demikian, WH harus berhadapan dengan Airin. Kami optimis, WH akan muncul sebagai pemenang,” tandasnya.

Apa alasannya? Hermawi membeberkan, pertama, WH lebih senior. “Dan, lebih berpengalaman dari Airin. WH sukses dua kali sebagai wali kota di Kota Tangerang dan sukses juga sebagai gubernur Banten,” cetusnya.

BACA JUGA :  Andalkan 4 Program Unggulan, Golkar Jakut Siap "Mati-matian" Menangkan Airlangga, Zaki, Erwin Aksa dan Ramly di 2024

Apakah ada alasan lagi yang membuat pihaknya merasa yakin WH akan menang? Hermawi menyebutkan, kedua, basis asal WH (Kota Tangerang) lebih besar daripada basis asal Airin (Tangsel).

Bagaimana dengan suara NasDem yang sangat minim di Banten? “Kami akan menggenjot seluruh sumber daya NasDem agar bisa meraih 20 persen kursi di tingkat Provinsi Banten untuk memastikan WH bisa tampil sebagai salah seorang cagub. DPP NasDem akan full support (mendukung penuh) untuk kesuksesan WH,” ucap dia optimis.

Terpisah, Sekretaris DPD Partai NasDem Tangsel, Ady Suhardyaksha menambahkan, pihaknya sangat optimis WH dapat mengalahkan Airin bila keduanya head to head di Pilgub Banten 2024. “Alasannya, pertama, WH sudah punya basis massa yang sangat kuat di Kota Tangerang,” ungkapnya.

Kemudian, sambung Ady, WH akan dapat keuntungan dari efek pemilih Anies sebagai capres 2024. “Efek dari basis massa pemilih Anies yang diusung NasDem sebagai capres tentu akan berpengaruh juga terhadap WH yang merupakan kader dari NasDem,” imbuhnya.

Ditambah lagi, ucap Ady, WH memiliki pengalaman menjadi gubernur Banten. Ady mengakui antara Airin dan WH memang keduanya mempunyai elektabilitas tinggi.

“Airin mungkin kuat di Tangsel. Tapi, WH juga kuat di Tangerang Kota. Tinggal di wilayah utara dan di luar Tangerang raya. Mudah-mudahan Pak WH bisa ambil pendamping dari utara sebagai ‘vote getter‘ (pengambil suara),” tandas Ady.

Kendati demikian, ia tidak memungkiri bahwa semua itu nanti melihat hasil Pemilu 2024. “Bicara peluang tentu tergantung kursi DPRD provinsinya. Kalau kita cukup untuk mengusung ya syukur. Tapi, kalau tidak cukup kursinya, ya harus berkoalisi untuk dapat kendaraan,” tukas loyalis Surya Paloh itu.

Golkar Yakin Airin Bisa Menang Satu Putaran

Sementara itu, Ketua Bidang Komunikasi Politik DPD Partai Golkar Tangsel, Robert Usman saat dihubungi ratas.id mengatakan, pihaknya sangat yakin dan optimis, Airin dapat menumbangkan Wahidin Halim dalam pertarungan Pilgub Banten 2024 bila head to head terjadi antara keduanya. “Sebagai kader (Golkar), kita berharap, jika ‘head to head‘ itu terjadi maka, kami yakin, kami akan dapat menyelesaikan pertarungan dalam satu putaran. Ya, satu putaran, selesai,” ucap Robert yakin.

BACA JUGA :  Di Depan AHY, Iti Jayabaya "Bakar" Semangat Kader Demokrat, Target Capreskan Ketum dan Jadi Jawara 2024

Anggota DPRD Kota Tangsel dari Fraksi Partai Golkar itu pun mengungkapkan alasan mengapa pihaknya sangat optimis, jagoannya dapat mengalahkan lawan. “Pertama, kita di internal sangat tahu bagaimana mesin politik dan kader-kader itu bergerak bersama se-Banten untuk memenangkan pertarungan dalam pesta demokrasi Pilgub Banten 2024,” ungkapnya.

Loyalis Airlangga Hartarto itu melanjutkan, alasan ke-2 adalah pihaknya sudah jauh-jauh hari menangkap keinginan masyarakat Banten. “Kita sudah jauh-jauh hari menangkap keinginan masyarakat. Bahwa pilihan masyarakat Banten saat ini adalah ingin ada perubahan. Masyarakat Banten ingin ada perubahan, butuh perubahan lebih baik dan sangat cepat. Dan, sosok yang bisa bawa perubahan itu adalah Airin,” sebutnya.

Ketiga, Robert mengatakan, masyarakat Banten sudah tahu bagaimana kinerja WH. “Dan, masyarakat juga sudah tahu kinerja Bu Airin selama dua periode memimpin Tangsel. Beliau berhasil membawa perubahan di Tangsel. Terbukti, Tangsel maju sangat pesat,” cetusnya.

Keempat, Robert pun menyebut, Airin adalah sosok perempuan yang jadi pemimpin yang memiliki kelebihan di atas rata-rata. “Beliau ini pemimpin yang cerdas, muda, punya pengalaman, terbukti berhasil memimpin daerah,” urainya.

Berikutnya, kelima, kata Robert, Airin adalah sosok pemimpin yang enerjik dan selalu jadi harapan dan mendapat sambutan hangat masyarakat. “Itu terbukti dan terlihat saat beliau melakukan kunjungan ke masyarakat di seluruh wilayah Banten. Dan, masyarakat sangat merindukan sosok beliau. Saat ini, masyarakat Tangsel sangat rindu dengan beliau ketika memimpin,” imbuh Robert.

Jadi, sambung Robert, dengan segala hormat dan tidak mengurangi rasa hormatnya kepada WH, ia yakin Airin adalah pemimpin mumpuni yang sangat tepat menjadi gubernur Banten. “Saat ini, Banten butuh pemimpin yang fresh, segar yang bisa lakukan perubahan cepat. Dan, itu ada di Bu Airin. Makanya, kami optimis beliau akan sangat mudah bisa mengalahkan Pak WH,” ujar dia.

BACA JUGA :  Dapat Efek "Ekor Jas" Airin Nyalon Gubernur Banten, Golkar Tangsel bakal Cetak "Hattrick" Jadi Juara lagi di Pemilu 2024

Mengena lumbung suara, Robert menyatakan, Golkar adalah partai pemenang di Banten, terutama di wilayah Tangerang raya. “Jadi, kami tidak khawatir. Kami yakin dengan seluruh elemen masyarakat, kami bersatu sampai Bu Airin dilantik jadi gubernur Banten,” pungkasnya.

Akar Rumput Beringin Optimis Airin Dapat Ambil Hati Masyarakat

Optimisme itu juga diamini akar rumput Golkar. Ketua Pimpinan Kecamatan (PK) Partai Golkar Serpong Utara, Piter Abdul Karim atau biasa disapa Olay mengatakan, pihaknya sangat yakin, Airin dapat mengambil hati masyarakat.

“Buat pribadi saya, 100 persen yakin, Bu Airin bisa mengambil hati masyarakat karena kinerjanya sudah terbukti. Sebetulnya, bukan hanya di Tangsel, melainkan di wilayah lainnya di Banten. Kita, kan, punya koneksi di Tangerang raya sampai Cilegon pun sama,” kata Olay, kepada ratas.id, dalam wawancara eksklusif.

Dikatakannya, orang yang sebelumnya kenal Airin, begitu diberitahu hasil kinerja beliau maka langsung “jatuh hati”. “Ini fakta, kemarin, saya di Kecamatan Benda, Kota Tangerang. Saya datang ke sana karena kebetulan ada teman yang merupakan tokoh di sana. Saat didatangi Bu Airin, mereka senangnya luar biasa. Ini magnet beliau luar biasa yang dirasakan masyarakat,” ucap Olay.

Politisi muda Golkar itu pun melihat fenomena “aneh” saat ini. Anehnya, kata Olay, adalah banyak nama bakal cagub Banten “tiarap” begitu sosok Airin muncul.

“Sebelum Bu Airin muncul, banyak nama yang keluar. Tapi, saat nama Bu Airin muncul dan beliau menyapa masyarakat, calon-calon lain padam, tidak kelihatan lagi. Mungkin, mereka berhitung kali, ya kalau mau melawan Bu Airin,” ujar Olay sambil tertawa.

Anak buah Airin di Tangsel ini pun mengungkapkan fakta bahwa popularitas dan elektabilitas jagoannya tidak diragukan lagi di Banten. “Popularitas dan elektabilitas Bu Airin saat ini sangat bagus. Tinggal tim dan mesin partai harus solid dan kompak dengan semua unsur elemen masyarakat Banten,” bakal caleg DPRD Kota Tangsel ini menutup pembicaraan. (AGS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini