Jelang Event ‘F1 PowerBoat 2023’, Kamar Hotel di Kabupaten Toba Ludes Dipesan

0
24
Indonesia menjadi seri pembuka dari rangkaian balap perahu motor kelas dunia "F1 PowerBoat 2023" di Danau Toba. Perhelatan besar ini akan diikuti oleh 20 pembalap dari berbagai negara yang akan digelar pada 24 sd 26 Februari 2023. (foto: istimewa)

RADAR TANGSEL RATAS – Beberapa hari jelang balapan internasional F1 PowerBoat Lake Toba 2023, seluruh kamar hotel yang berada di Kabupaten Toba, Sumatra Utara, telah habis terpesan.

Dikutip dari Infopublik.id (22/2/2023), Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Kabupaten Toba, Winner Sinambela, mengatakan bahwa kamar-kamar hotel di sekitar Toba ludes dipesan.

“Malah bisa kami katakan kekurangan. Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, bahkan mereka yang tidak mendapatkan kamar, memilih menginap di rumah kerabat, atau homestay, sebagai alternatif. Saya akui, luar biasa magnet event F1 PowerBoat ini. Kita bersyukur untuk itu,” tutur Winner.

Berdasarkan data pada PHRI Provinsi Sumatra Utara, tercatat bahwa ketersediaan hunian kamar di sekitar Danau Toba, yaitu Kabupaten Toba, Simalungun, Samosir, dan Humbang Hasundutan adalah sebanyak 2.451 unit.

Menurut Winner, jumlah tersebut tersebar di sekitar Danau Toba, yang meliputi Kabupaten Toba, Simalungun, Samosir, dan Humbang Hasundutan. Rinciannya adalah 2.204 kamar hotel dan 247 kamar homestay.

“Minat masyarakat dan wisatawan yang datang ke Toba kami akui mengalami peningkatan sejak ditetapkan sebagai lokasi F1 PowerBoat 2023,” ujar Winner.

BACA JUGA :  Terhadang Hutan Lindung Bontang, Tol Samarinda-Bontang Dicoret dari Daftar PSN 

Tingginya pemesanan untuk akomodasi di kawasan Toba, khususnya hotel berbintang, juga disampaikan Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) PHRI, Sumatra Utara, Denny S. Wardhana.

“Hotel berbintang di daerah Balige dipastikan sudah 95 persen penuh. Kalau homestay saat ini belum update data berapa yang sudah terisi. Tapi menurut informasi, sudah banyak yang beralih untuk memesan akomodasi ke homestay di area dekat acara,” ungkap Denny.

Sebagai upaya untuk memberikan layanan terbaik, termasuk memperkenalkan sesuatu yang khas Toba, PHRI juga mendorong restoran-restoran menyajikan menu-menu lokal yang terkenal punya cita rasa tinggi. “Diharapkan, wisatawan dapat merasakan sajian kuliner asli dari tanah Toba,” kata Denny.

Begitu juga Winner. Ia menekankan bahwa kunci pelaku bisnis di sektor pariwisata, khususnya pada hotel dan restoran, adalah mengedepankan prinsip prioritas, yaitu budaya kerja, budaya melayani, senyum, sapa, salam, sopan dan santun.

“Juga memastikan kebersihan agar meninggalkan kesan baik. Wisatawan tidak kapok, dan akan datang kembali,” katanya.

Sebelumnya, Menparekraf Sandiaga Uno telah menegaskan bakal memantau langsung kesiapan layanan wisata yang ada di Danau Toba. Hal itu dilakukan untuk memastikan wisatawan ataupun penonton balapan internasional F1 PowerBoat Lake Toba 2023 bakal mendapatkan layanan terbaik.

BACA JUGA :  Fasilitas Charging Mobil Listrik Tanpa Henti Bakal Dibangun di Jalan Akses IKN

Balapan yang akan digelar pada 24 – 26 Februari 2023 tersebut memang menjadi magnet kunjungan wisatawan ke salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), Danau Toba.

Untuk itu, Kemenparekraf akan mengambil langkah untuk mendorong berbagai pelatihan dan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya yang bergerak di sektor pariwisata, mulai dari branding produk ekraf, sadar wisata, literasi keuangan, hospitality.

Kemenparekraf juga melakukan beberapa upaya lainnya, seperti memfasilitasi monitoring wisatawan yang akan berkunjung ke Danau Toba, penyiapan travel pattern dan paket wisata, promosi, serta publikasi melalui berbagai kanal.

Sebagai event sport tourism, Kemenparekraf mendukung penuh suksesnya F1 PowerBoat Lake Toba sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisman. Meskipun Sandi mengakui adanya kenaikan tarif akomodasi beberapa hari jelang balapan, tapi dirinya memastikan masih berada di kisaran normal.

“Harga-harga hotel agak meningkat. Tapi kami berikan panduan agar tidak terlalu naik harganya secara signifikan,” kata Sandi. (BD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini