Coach Santo dan David Chandrawan Beberkan Rahasia Pentingnya “Hoki Protokol” dan “Personal Branding” di Seminar Nasional Menwa UI

2
29

RADAR TANGSEL RATAS –  Coach terkemuka Susanto CMHt, CCH, CEST, LAPHP dan pengusaha kuliner kopi yang juga banker muda di salah satu bank swasta nasional buku 4, David Chandrawan, S. T., M. M. membeberkan rahasia mengenai pentingnya “hoki protokol” dan personal branding saat mengisi Seminar Nasional Resimen Mahasiswa Universitas Indonesia (Menwa UI). Acara tersebut digelar di Kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Sabtu, 25 Februari 2023.

Di hadapan puluhan peserta seminar, Coach Santo, panggilan akrab Susanto yang juga konsultan ahli di “Majalah Women’s Health Indonesia” itu tampil memukau. Ia mengulas rahasia tentang pentingnya menciptakan hoki alias keberuntungan untuk seseorang yang ingin sukses.

“Pikiran dan perilaku mereka yang menyebabkan keberuntungan atau ketidakberuntungan itu,” papar Coach Santo.

Misalnya saja, ia melanjutkan, bagaimana orang yang selalu beruntung senantiasa dapat melihat peluang. “Sedangkan, orang yang sial tak pernah bisa melihat peluang,” urainya.

Coach Santo yang juga sering mengisi berbagai kelas pelatihan di Kementerian PPPA, PDAM, Disdukcapil, Prudential, Nuskin, LP3I itu menambahkan bahwa orang beruntung itu selalu mencoba hal yang baru. “Berbeda dengan orang yang tidak beruntung yang selalu melakukan hal rutin. Orang yang tidak beruntung selalu berangkat dan pulang kerja dengan rute sama,” tandasnya.

BACA JUGA :  Bahlil Lahadalia: Mulai dari Aguan Hingga Sukanto Tanoto Bakal Masuk ke Proyek IKN

Begitu juga, kata dia, dengan saat pergi ke pesta misalnya. “Orang yang beruntung dengan riang mengajak mengobrol orang-orang dengan baju warna sama misalnya. Sedangkan, yang tidak beruntung hanya mengobrol dengan orang yang sudah dikenal. Akibatnya, ia banyak kehilangan kesempatan yang mungkin membawa keberuntungan,” cetusnya.

Pria alumni Menwa UI itu pun meminta sekelompok orang yang beruntung dan tidak beruntung untuk mengikuti kursus lanjutan. Mereka, ucap Coach Santo, nantinya akan menjalani latihan yang memaksa berpikir dan berperilaku seperti orang beruntung semua.

Latihan ini, dikatakannya, membantu mereka melihat peluang, mendengarkan naluri, berharap beruntung. “Dan, lebih tabah saat tidak beruntung,” tandas Coach Santo mengakhiri sesinya.

Cara Mengoptimalkan Personal Branding untuk Meningkatkan Kesuksesan

Sesi berikutnya, seminar diisi oleh David Chandrawan yang menjelaskan pentingnya personal branding. Untuk diketahui, personal branding adalah sebuah proses membentuk, menarik dan memelihara persepsi masyarakat berkaitan dengan aspek-aspek yang dimiliki seseorang seperti keahlian, prestasi, kepribadian atau nilai-nilai yang dibangun secara sengaja maupun tidak sengaja dengan tujuan menampilkan citra positif.

BACA JUGA :  Wow! Ternyata Rumah untuk Menteri di IKN Luasnya 1.000 Meter Persegi dan Dilengkapi Basement

Dijelaskan David, personal branding yang paling mudah itu melalui media sosial. “Semisal kita ingin dikenal sebagai pengusaha kopi, ya tampilkan postingan Anda sedang di perkebunan kopi, memilah bijih kopi, atau hal-hal yang menunjukkan Anda pengusaha kopi di media sosial Anda,” ungkapnya dalam acara.

David pun menekankan manfaat personal branding yang sangat banyak. Persolan branding dapat bermanfaat seperti untuk mencari pekerjaan, mencari mitra, mencari investor, mendukung profesi, membuat pencitraan, dan manfaat lainnya,” ungkapnya.

Dalam acara Seminar Nasional Menwa UI itu, David kemudian mencontohkan, ia biasanya mengecek profil media sosial seseorang ketika akan bermitra. Selain mengatakan pentingnya personal branding, dia pun menegaskan pentingnya menjadi sesuatu yang berbeda dengan yang lain.

David meminta peserta seminar untuk memiliki pembeda antar satu dengan yang lain. Sebab, menurutnya, menjadi berbeda akan membuat sesuatu lebih dikenali.

“Jadilah angsa putih di antara bebek. Jadilah apel merah di antara apel hijau,” pesannya.

Penitia Beri Apresiasi

Sementara itu, salah satu pengurus Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Universitas Indonesia (ILUNI Menwa UI) yang merupakan panitia penyelenggara kegiatan seminar nasional ini, Dia Adriansyah, S. T. sangat mengapresiasi acara tersebut. Ia menjelaskan, dalam acara tersebut ada sekitar 70-an peserta yang hadir.

BACA JUGA :  Desak MK Tolak Gugatan Usia Capres-Cawapres, PKS: Karena Itu Bukan Wewenang Mereka

“Mereka terdiri dari anggota menwa aktif dan alumni dari berbagai perguruan tinggi. Lalu, ada dari pengusaha, dosen, mahasiswa, perwakilan Polri dan TNI, dan juga pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Lebih lanjut, Dia Adriansyah  mengungkapkan, materi yang disampaikan Coach Susanto dan David Chandrawan dalam seminar nasional ini sangat menarik. Ia beranggapan “hoki protokol” dan personal branding untuk peserta sangatlah penting.

“Karena, dapat menjadi bagian dari kesuksesan personal/ individu,” pungkas pengurus ILUNI Menwa UI Angkatan Arjuna, tahun 1996 itu. (AGS)

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini