Induk BUMN Bidang Pertambangan ‘Mind ID’ Rombak Jajaran Direksi dan Komisarisnya

0
50
Mining Industry Indonesia (MIND ID) adalah BUMN holding industri pertambangan Indonesia yang resmi dibentuk pada 27 November 2017. Perusahaan anggota dan afiliasinya antara lain ANTAM, Bukit Asam, Freeport Indonesia, INALUM, Timah dan Vale Indonesia. (foto: dok. Humas MIND ID)

RADAR TANGSEL RATAS – MIND ID, holding badan usaha milik negara di bidang industri pertambangan, telah merombak jajaran direksinya sebagai pelaksanaan atas salah satu hasil rapat umum pemegang saham atau RUPS tahunan.

Seperti yang dilansir Suara.com, berdasarkan hasil RUPS Tahunan MIND ID Kamis (23/3/2023), Hendi Prio Santoso masih tetap menempati posisi sebagai Direktur Utama MIND ID.

Sementara Dany Amrul Ichdan naik jabatan dari sebelumnya Direktur Kelembagaan menjadi Wakil Direktur Utama MIND ID. Tapi, dengan naiknya Dany Amrul Ichdan, kursi Direktur Kelembagaan MIND ID dihilangkan dalam nomenklatur direksi.

Dengan hilangnya kursi jabatan tersebut, secara otomatis Jabatan dlDirektur Operasional dan Portofolio yang sebelumnya dijabat oleh Danny Praditya juga dihapus.

Posisi lain yang berganti adalah Direktur Keuangan MIND ID yang sebelumnya dijabat Devi Pradnya Paramita, kini digantikan Akhmad Fazri.

Selain itu, Menteri BUMN Erick Thohir sebagai pemegang saham tertinggi di MIND ID juga mengangkat orang baru bernama Nur Hidayat Udin sebagai Direktur Manajemen Risiko dan HSSE MIND ID.

BACA JUGA :  Diduga, Proses Rekrutmen Direksi dan Komisaris BSI Kental Muatan Politis juga Banyak Titipan, Massa Geruduk Kantor BUMN

Sedangkan Dilo Seno Widagdo tetap menjadi Direktur MIND ID. Dia menjabat sebagai Direktur Pengembangan Usaha dan Portofolio.

Pada kursi komisaris, porsinya dikurangi, dari semula enam orang, kini hanya empat orang. Martuani Sormin dan Ilyas Asaad tak lagi menjabat sebagai Komisaris Independen dan Komisaris MIND ID.

Jajaran Komisaris MIND ID yang baru: Komisaris Utama: Doni Monardo
Komisaris: Nicolaus Teguh Budi Harjanto
Komisaris: Ridwan Djamaluddin
Komisaris Independen: Muhammad Munir

Direksi MIND ID yang baru:               Direktur Utama: Hendi Prio Santoso
Wakil Direktur Utama: Dany Amrul Ichdan
Direktur Portofolio dan PU: Dilo Seno Widagdo
Direktur Keuangan: Akhmad Fazri
Direktur MR dan HSSE: Nur Hidayat Udin

Bukan itu saja, seperti yang dirilis cnbcindonesia.com (22/3/2023), MIND ID juga telah mengganti nama perusahaannya dan sudah diumumkan pada RUPS di Kementerian BUMN, Selasa (21/3/2023). Nama yang semula PT Inalum (Persero) menjadi PT Mineral Industri Indonesia (Persero).

MIND ID dengan nama PT Inalum digunakan sejak tahun 2017. Saat itu perusahaan melakukan dua fungsi sebagai holding dan operasional peleburan aluminium.

BACA JUGA :  Mantan Menteri ATR/Kepala BPN Tutup Usia, Selamat Jalan Ferry Mursyidan Baldan

Dengan nama baru tersebut, MIND ID akan fokus pada holding company. Sedangkan Inalus lebih fokus pada pengembangan penghiliran aluminium nasional. (BD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini