Mutasi Besar di Tubuh Polri, Kapolri Listyo Terbitkan 4 Telegram, Ganti 473 Personel

0
17
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi besar di tubuh instansinya. Ada tujuh perwira tinggi yang dipromosikan menjadi Kapolda. Secara keseluruhan, ada 473 personel yang mutasi. (foto: istimewa)

RADAR TANGSEL RATAS – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerbitkan empat telegram untuk memutasi 473 pejabat Polri setingkat perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen).

Seperti yang dilansir CNNIndonesia.com (29/3/2023), Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo mengatakan mutasi dilakukan melalui telegram nomor ST/712/III/KEP./2023, ST/713/III/KEP./2023, ST/714/III/KEP./2023, dan ST/715/III/KEP./2023. “Secara keseluruhan terdapat 473 personel yang mutasi,” ujarnya, Rabu (29/3).

Dalam mutasi tersebut, ada tujuh pati yang dipromosikan menjadi kapolda baru. Salah satunya yakni Kapolda Metro Jaya. Listyo menunjuk Irjen Karyoto yang sebelumnya ditugaskan sebagai Deputi Penindakan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi Kapolda Metro Jaya.

Karyoto ditunjuk menggantikan posisi Irjen Fadil Imran yang sekarang menempati posisi Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Kabaharkam) Polri. Fadil menggantikan posisi Komjen Arief Sulistyo yang dimutasi dalam rangka pensiun.

Sebelum, Irjen Karyoto, Fadil menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya sejak November 2020 lalu. Saat itu ia menggantikan Irjen Nana Sudjana yang ditugaskan menjadi Koorsahli Kapolri.

Nana dicopot dari jabatan Kapolda Metro Jaya lantaran dianggap tidak menerapkan protokol kesehatan di wilayah hukumnya, sehingga menyebabkan kerumunan terjadi dalam acara yang dihadiri oleh Pimpinan FPI, Rizieq Shihab.

BACA JUGA :  Pengacara Bripka RR Ganti Judul BAP, Isinya Tetap Soal Fakta di Magelang

Selain Karyoto, enam pati yang juga dipromosikan menjadi kapolda baru
adalah Irjen Agus Nugroho sebagai Kapolda Sulawesi Tengah, dan Irjen Akhmad Wiyagus sebagai Kapolda Jabar, Irjen Helmy Santika sebagai Kapolda Lampung, Irjen Angesta Romano Yoyol sebagai Kapolda Gorontalo, Brigjen Pipit Rismanto sebagai Kapolda Kalimantan Barat, dan Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso sebagai Kapolda Sulawesi Selatan.

Selain itu, ada juga penunjukan tiga pati Polri untuk menduduki jabatan di Mabes Polri. Mereka adalah Irjen Fadil Imran sebagai Kabaharkam, Purwadi Ariyanto sebagai Kalemdiklat, dan KBP Nananh Chadarusman sebagai Kasetum. (BD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini