Hasil Survei Indikator Menunjukkan Gen Z Lebih Banyak Pilih Prabowo Sebagai Capres

0
81
Hasil survei yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia menunjukkan bahwa kelompok generasi Z lebih banyak memilih Prabowo Subianto sebagai calon presiden. Kelompok generasi Z ini dari rentang usia 17-21 tahun. (foto: istimewa)

RADAR TANGSEL RATAS – Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis simulasi tiga nama calon presiden (capres) menurut demografi dan wilayah. Hasilnya, kelompok pemilih Gen Z lebih banyak memilih Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Survei itu digelar pada 26-30 Mei 2023 terhadap 1.230 responden yang dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Survei dilakukan melalui panggilan telepon oleh pewawancara yang dilatih.

Pemilihan sampel dilakukan dengan metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Adapun margin of error survei +/- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Peneliti utama Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi mengatakan kelompok generasi Z lebih banyak memilih Prabowo sebagai calon presiden. Kelompok generasi Z ini dari rentang usia 17-21 tahun.

“Ini kan saya kira sama ya dengan Kompas apakah mengapa pemilih Generasi Z apakah mereka lahir pasca Orde Baru yang membuat mereka cenderung ke Pak Prabowo atau apa tapi poinnya pemilih usia 17-21 lebih banyak lari ke Pak Prabowo,” kata Burhanuddin Muhtadi dalam konferensi pers secara virtual, Minggu, (4/6/2023).

BACA JUGA :  Resmikan Sekber Gerindra-PKB, Prabowo dan Cak Imin Kini Kembali 'Mesra'?

Sementara itu, Burhanuddin menyebut pemilih kelompok usia 22-25 tahun lebih banyak memilih Ganjar. Dia menyebut pemilih kelompok tua di atas 55 tahun juga banyak yang lari ke Ganjar.

“Tapi pemilih usia 22-25 sedikit lebih banyak lari ke Ganjar sama pemilih tua pemilih di atas 55 itu ke Mas Ganjar,” kata Burhanuddin.

Kemudian, berdasarkan etnis, Burhanuddin menyebut pemilih Jawa, Batak, masih dominan memilih Ganjar. Sedangkan pemilih Sunda lebih banyak memilih Prabowo dan pemilih Sumatera Barat memilih Anies Baswedan.

“Pemilih Jawa masih dominan ke Ganjar, pemilih Sunda ke Pak Prabowo sebelumnya ke Mas Anies, Batak ke Ganjar, Madura solid ke Pak Prabowo, Betawi ke Anies, Minang masih banyak Mas Anies, Sumbar masih Anies,” kata Burhanuddin.

Dari sisi agama, pemilih Islam lebih banyak memilih Prabowo dengan selisih sedikit dari Ganjar maupun Anies. Sementara itu, pemilih Protestan, Hindu hingga Kong Hu Cu lebih banyak mendukung Ganjar.

“Islam ke Prabowo tapi beda tipis dengan Ganjar maupun Anies. Pemilih Protestan lari ke Ganjar termasuk pemilih Hindu, Buddha ,Kong Hu Cu,” ujarnya.

BACA JUGA :  Wow! Menkeu Sebut Kemenhan Sebagai Kementerian yang Paling Banyak Gunakan Anggaran untuk Belanja: Sentuh Rp 21,5 Triliun!

Dari sisi pekerjaan, petani, peternak, nelayan, buruh kasar, wiraswasta hingga pengusaha juga lebih banyak mendukung Prabowo. Sedangkan dari pegawai mulai swasta maupun negeri, guru dosen dan profesional lebih banyak mendukung Ganjar.

“Untuk ibu rumah tangga banyak ke Prabowo lalu usia masih sekolah dan kuliah juga ke Prabowo,” ujarnya. (BD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini