Soal Pilpres 2024 Bakal Dua Putaran, KPU: Dananya Sudah Dialokasikan

0
47
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menyatakan anggaran penyelenggaraan Pemilu 2024 sebesar Rp 76,6 triliun yang diusulkan KPU sudah mencakup dana untuk Pilpres putaran kedua. (foto: istimewa)

RADAR TANGSEL RATAS – Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus, mempertanyakan siasat Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam menggunakan anggaran jika Pilpres 2024 harus dilaksanakan dengan dua putaran.

Menurut Guspardi, peta politik yang saat ini muncul menunjukkan adanya tiga poros koalisi pendukung bakal calon presiden. Dengan demikian, politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu menilai Pilpres 2024 akan berlangsung dengan dua putaran.

“Dalam perspektif sekarang ini, capres itu bukan dua pasang calon, tapi tiga pasang calon dan saya yakinikan putaran pilpres dan wapres, saya pastikan dua putaran. Bagaimana pula mensiasati ini jika anggaran ini sudah disahkan? Tentu tidak mungkin,” tutur Guspardi dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (12/9/2023).

Menjawab pertanyaan tersebut, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menjelaskan bahwa anggaran penyelenggaraan pemilu sebesar Rp 76,6 triliun yang diusulkan KPU sudah mencakup dana untuk pemungutan suara putaran kedua.

“Realisasinya sampai saat ini Rp 51,1 triliun, itu di dalamnya sudah masuk untuk pilpres dua putaran. Dari segi perencanan, sudah dimasukkan. Dari segi usulan, sudah dimasukkan,” ungkap Hasyim.

BACA JUGA :  Soal Persentase Keterwakilan Caleg Perempuan di DPR, Ketua KPU: Sudah di Atas 30 Persen

“Seingat kami, di dalam Rp 76,6 triliun, sudah termasuk di dalamnya alokasi anggaran untuk pilpres putaran kedua,” ia menambahkan.

Hasyim juga menjelaskan bahwa pihaknya sebagai penyelenggara pemilu telah mempertimbangkan banyak hal karena pemilu demokratis dianggap tidak bisa dipastikan, termasuk jumlah pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

“Apakah result-nya berapa pasangan dan seterusnya, kami harus mempersiapkan sekiranya kemudian faktanya terjadi pilpres putran kedua. Bahwa nanti alokasinya sudah dijanjikan pemerintah kalau memang terjadi pilpres putaran kedua, sudah disiapkan dari besaran yang sudah diajukan oleh KPU,” papar Hasyim. (ARH)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini