Polisi Akan Kembali Terapkan Tilang Uji Emisi di DKI Jakarta Per 1 November, Fraksi PKS: Itu Berpotensi Timbulkan Pungli

0
35
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan akan kembali menerapkan tilang terhadap kendaraan tidak lolos dalam proses uji emisi pada awal November 2023. (foto: istimewa)

RADAR TANGSEL RATAS – Tilang uji emisi di Jakarta akan kembali diterapkan mulai 1 November 2023 nanti. Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta menyinggung kebijakan tersebut berpotensi memunculkan pungutan liar atau pungli. Terlebih, menurut anggota Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Abdul Aziz, sat ini, masyarakat sedang dalam kondisi krisis, mahalnya harga beras dan BBM sudah membebani masyarakat.

“Di lapangan, ada potensi menimbulkan pungli yang merugikan masyarakat. ” ujara anggota Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Abdul Aziz, saat dihubungi, Minggu (8/10/2023).

Sekretaris DPW PKS DKI Jakarta itu meminta agar kebijakan yang dikeluarkan lebih berpihak kepada masyarakat.

“Sebaiknya pemerintah membuat kebijakan yang dipikirkan masak masak melalui kajian-kajian yang tepat sebelum diimplementasikan,” katanya.

Selain itu, Aziz juga mempertanyakan soal tujuan diadakannya kembali tilang uji emisi. Menurutnya, kalau untuk mengurangi polusi, ada kebijakan lain yang lebih baik.

“Harus jelas dulu apa tujuan tilang ini? Kalau tujuannya untuk mengurangi polusi, menurut saya banyak program yang lebih baik dan lebih efektif mengurangi polusi. Jangan sampai memberatkan masyarakat dengan aturan yang belum jelas tujuannya,” katanya.

BACA JUGA :  Usut Dugaan Korupsi di PT Amarta Karya, KPK Tetapkan Dirut dan Dirkeu Sebagai Tersangka

Aziz lalu menjelaskan bahwa salah satu kebijakan yang lebih efektif adalah mengontrol pabrik-pabrik di DKI Jakarta. “Mengontrol secara ketat buangan polusi udara dari pabrik dan PLTU yang menggunakan batubara di sekitar Jakarta,” ucapnya.

Pemprov DKI Jakarta, karta Aziz, sudah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk memberlakukan kembali tilang uji emisi. Pemprov DKI menyebut tilang uji emisi kembali diberlakukan pada 1 November 2023.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan rekan-rekan dari Polda Metro Jaya, dengan Pak Dirlantas per 1 November kita akan kembali melaksanakan tilang terhadap pelanggaran uji emisi,” ujar Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (8/10/2023).

Menutir Syafrin, pertimbangan diberlakukannya tilang uji emisi lagi. Sebelumnya diketahui, tilang uji emisi sempat dihentikan karena dianggap kurang efektif. “Kemarin datanya sudah ada 1,2 juta yang melakukan uji emisi untuk roda 4 dan kemudian jumlah roda 2 juga cukup masif. Artinya secara keseluruhan masyarakat sudah sadar melakukan uji emisi. Sehingga pada saat kita melakukan penilangan, itu populasi sudah sepenuhnya melakukan uji emisi,” jelas Syafrin.

BACA JUGA :  Demi Percepat Arus Logistik Nasional, Pemerintah Perluas Implementasi NLE

Syafrin lalu menjelaskan, mekanisme yang dijalankan masih sama seperti yang pernah dilakukan sebelumnya. Di mana pihaknya bekerjasama dengan Dinas LH (Lingkungan Hidup) dan Polri. Sementara terkait lokasi, kata Syafrin, masih dalam pembahasan. (ARH)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini