Khawatir Jumlah Korban Semakin Banyak, Belanda Bakal Kirim Bantuan Rp 164 Miliar Untuk Warga Gaza

0
74
Pemerintah Belanda menjanjikan memberikan bantuan kemanusiaan sebesar 10 juta Euro atau 10,5 juta Dolar AS. Dana tersebut disediakan sebagai tanggapan atas permintaan PBB dan akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar warga Gaza. (foto: istimewa)

RADAR TANGSEL RATAS – Pemerintah Belanda pada hari Selasa menjanjikan memberikan bantuan kemanusiaan sebesar 10 juta euro atau US$ 10,5 juta atau setara dengan Rp 164,8 miliar (kurs Rp 15.697) untuk Gaza.

Dikutip dari Reuters, Selasa (17/10/2023), bantuan itu diberikan sebagai tanda kemanusiaan karena dikhawatirkan semakin banyak masyarakat yang menjadi korban akan perang yang berlangsung antara Israel dan Hamas.

Menurut Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Pembangunan Belanda, Liesje Schreinemacher, dana tersebut disediakan sebagai tanggapan atas permintaan PBB dan akan digunakan untuk kebutuhan dasar, seperti air dan layanan kesehatan.

“Warga sipil atau pekerja bantuan kemanusiaan tidak boleh menjadi sasaran kekerasan, dan bantuan kemanusiaan harus memiliki akses yang tidak terbatas,” tulis Schreinemacher dalam suratnya kepada parlemen (17/10/2023).

Seperti yang diketahui bersama, saat ini perang antara Israel dan Hamas masih berlangsung. Serangan Israel telah terjadi selama lebih dari sepekan. Otoritas pertahanan sipil Palestina melaporkan lebih dari 1.000 orang dinyatakan hilang di Jalur Gaza. Dikutip dari Al Jazeera, Senin (16/10/2023), tim pertahanan sipil Palestina menyebut lebih dari 1.000 orang diduga tertimbun reruntuhan.

BACA JUGA :  Sidang Kasus Dugaan Korupsi Gedung Labkom Uniska Karawang, Keterangan Saksi Kuatkan Terdakwa Kasto tidak Terima Uang

Selain itu, setidaknya 11 jurnalis tewas di Gaza dan dua orang lainnya hilang sejak dimulainya serangan udara Israel pada 7 Oktober 2023. (ARH)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini