Gelar Raker, Extravaganjar Hasil 8 Gagasan Kebijakan Ekonomi Kreatif untuk Ganjar dan Mahfud

0
63
Extraganjar hasilkan 8 gagasan kebijakan untuk Ganjar dan Mahfud

RATAS.ID – Sehari menjelang ulang tahun Calon Presiden Ganjar Pranowo, Organ Relawan Pendukungnya Extravaganjar (XVG), menyelenggarakan Rapat Kerja Perdana, untuk menetapkan 8 Gagasan untuk Kebijakan Industri Musik dan Ekonomi Kreatif, yang kemudian akan diserahkan kepada Pemimpin Masa Depan, Ganjar-Mahfud 2024.

“Tim Khusus 8 XVG, sebagai Think Tank, telah bekerja lebih kurang 3 bulan untuk menyiapkan semua strategi program dibidang ekonomi kreatif. Dan hari ini, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Rapat Kerja XVG Perdana, saya nyatakan dibuka dengan resmi,” tandas Adi Adrian, Ketua Umum Extravaganjar menutup sambutannya dihadapan Pengurus XVG, Anggota Tim Khusus 8 XVG, dan ratusan anggota XVG’ers, pada Hari Jumat di Toeti Rooseno Plaza, Kemang, Jakarta Selatan (27/10/23).

Mengakhiri sambutannya, Adi kembali memberikan semangat agar Anggota XVG tetap semangat dan terus bekerja keras, sembari menegaskan jargon XVG, bahwa “Ini bukan tentang saya, tapi tentang Indonesia”.

Dalam sidang Rapat Kerja XVG yang dipimpin Buddy Ace, dibuka dengan memperkenalkan 8 Anggotanya, yaitu; Prof. Franki Raden, Buddy ACe, Kadri Mohamad, Tamara Geraldine Febrian Nindyo, Fendy Mugni (Sekjen XVG), Once Mekel dan Venny Asyita.

Setelah membeberkan 8 poin dari gagasan yang dibacakan oleh masing-masing anggota Tim Khusus 8 itu, kemudian diberi kesempatan kepada 8 orang peserta untuk bertanya dan menanggapi 8 gagasan tersebut.

BACA JUGA :  Edan! Ternyata Indonesia Punya Potensi Tambang Emas Sebesar 2 Miliar Ton Emas, Lokasinya di Mana ?

“Terima kasih sudah bertanya dan memberikan masukannya. Segera setelah ini, kami akan menyerahkan 8 Gagasan Kebijakan untuk Industri Musik dan Ekonomi Kreatif, kepada Pak Ganjar dan Pak Mahfud, sebagai salah satu programnya saat mereka memimpin Indonesia 2024,” simpul Kadri Mohamad, mengakhir sesi tanya jawab.

Sidang penetapan 8 Gagasan tersebut diakhiri dengan menandatangani berita acara konsideran, oleh Anggota Tim Khusus 8, para saksi yang diwakili Musisi Keenan Nasution dan Promoter Harry Koko Santoso, serta oleh Ketua Umum dan Sekjen Extravaganjar.

Sebelumnya, di tengah sambutan Ketua Pelaksana Raker XVG, Jeffry Waworuntu, video call dari Calon Presiden Ganjar Pranowo masuk.

“Saya doakan sehat semuanya, tetap semangat. Saya doakan tetap kreatif dan Extravaganjar betul-betul memberi Ruang inspirasi, ” ucap Ganjar Pranowo, mengawali komunikasinya.

Menurut Calon Presiden ke-8 tersebut, bahwa ngomong politik adalah ngomong tentang kegembiraan, tentang seni, tentang nasib seniman, dan nasib para kreator yang banyak sekali talentanya yang sudah diterima oleh masyarakat.

“Anak muda sering bertanya pak kami takut dengan masa depan kami, karena robot-robot akan menggantikan kami. Eh, nggak jangan lupa robot itu yang membuat kita. Artinya kita tidak boleh kalah sama robot. Makanya kita harus lebih banyak berkreasi dan lebih banyak berinovasi lagi,” jelas Ganjar Pranowo penuh antusias, disambut tepuk tangan peserta Raker XVG.

BACA JUGA :  Bila Suara PDIP Pecah Karena Ganjar dan Puan Nyapres, Maka Prabowo yang Diuntungkan?

Diakhir sambutannya melalui video call yang direfleksikan di layar LED, Ganjar menegaskan bahwa, para kreator anak muda dari UMKM yang telah diakui dunia, kelak akan jadikan diplomatnya Indonesia untuk industri kreatif.

Acara Raker XVG juga menghadirkan Candra Darusman dan Once Mekel dalam sebuah talk show membahas ekonomi kreatif, yang dipandu oleh Stella Maukar dan Ray.

“Indonesia memiliki banyak sumber daya dan talenta dalam bidang ekonomi kreatif, tapi sumber daya HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) masih perlu ditingkatkan,” terang Candra Darusman, Ketua Federasi Serikat Musisi Indonesia periode 2020-2023.

Candra Darusman mengisahkan pengalamannya selama 18 tahun bekerja di salah satu lembaga PBB, dan melihat berbagai perkembangan industri kreatif di dunia.

“Saya melihat banyak negara maju karena mengandalkan hak kekayaan intelektual. Seperti Jepang dan Korea,” ungkap Candra, sembari menambahkan bahkan roda kendaraan HAKI adalah inovasi (teknologi) dan kreatifitas (seni).

Rapat Kerja XVG semakin menghangat ketika Dewan Penasehat XVG, Adian Napitupulu, menyampaikan sambutannya dengan cara dan gaya khasnya. Ia turun dari atas panggung, lalu turun berjalan mendekati peserta rapat.

BACA JUGA :  Ternyata Dugaan TPPU di Kemenkeu Lebih Besar dari Rp 300 Triliun, Mahfud: Rp 349 Triliun!

“Waktu kita sangat pendek, tinggal seratus sembilan hari tidur dan seratus sembilan hari bangun,” tukas Adian, mengawali sambutannya yang penuh canda sekaligus curhat tentang kondisi politik hari ini, yang membuatnya setiap hari harus turun ke bawah, bertemu rakyat demi kemenangan Ganjar-Mahfud.

Diakhir sambutannya, setelah melakukan zoom meeting dengan relawan dari Majalengka, Adian mengusulkan agar Once Mekel dan Adi Adrian, untuk terus turun ke jalan, bertemu masyarakat sambil ngamen seperti Program XVG Nongkrong yang sudah pernah dilaksanakan.

“Kalau bisa Once Mekel ngamen di atas bus, Adi ngamen di lampu merah, untuk memperjuangkan kemenangan Ganjar-Mahfud,” tandas Adian menutup sambutannya.

Acara yang berlangsung sejak pukul 2 siang dan berakhir hingga menjelang Magrib, ditutup dengan penampilan pamungkas dari kolaborasi para musisi handal; Jon Angels (Vocal), Vona (Vocal) Rere (Drum), Cyntia (Bass), Aries Ramadhan (Gitar) dan Mahir (Gitar).

Sejumlah kagu, mulai dari pop, rock hingga dangdut pun membuat suasana menjadi ruang gembira. Melengkapi rasa syukur atas hajatan Rakyat Kerja yang berjalan lancar dan berakhir sukses.(hab)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini