Soal Siapa Calon KSAD Pengganti Jenderal Agus Subiyanto, Ketua Komisi I DPR: Ada Tiga Nama

0
116
Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menyatakan bahwa ada tiga nama calon KSAD. Mereka adalah Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak, Kepala BNPB Letjen Suharyanto, dan Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) KSAD Letjen TNI I Nyoman Cantiasa. (foto: istimewa)

RADAR TANGSEL RATAS – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto menjadi calon Panglima TNI yang diajukan untuk menggantikan Laksamana Yudo Margono yang sebentar lagi akan memasuki masa purnabakti. Untuk itu, Komisi I DPR RI mengungkapkan ada tiga nama yang dinilai kuat sebagai calon KSAD pengganti Agus.

Menurut Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid, ketiganya nama calon KSAD itu merupakan perwira tinggi (pati) TNI AD berpangkat letnan jenderal (letjen). Mereka adalah Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak, Kepala BNPB Letjen Suharyanto, dan Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) KSAD Letjen TNI I Nyoman Cantiasa.

Ketiga nama itu disebutkan Meutya Hafid saat ditanya soal kandidat kuat pengganti KSAD Jenderal Agus Subiyanto nanti. “Ada beberapa nama. Pak Maruli salah satu yang kuat, ada Pak Suharyanto Kepala BNPB, dan Pak Nyoman Cantiasa,” ungkap Meutya Hafid kepada wartawan di gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Kamis (2/11/2023).

Meski demikian, kata Meutya, masih terbuka kemungkinan ada nama-nama lain yang masuk bursa calon KSAD yang nantinya ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Nggak tertutup kemungkinan ada lagi yang lain,” ujarnya.

BACA JUGA :  Kisruh 'Kesra Jabar Gate Rp 1 Triliun', Anggota DPRD Jabar: Pernyataan Ridwan Kamil Bisa Jadi Temuan KPK untuk Pengusutan

Seperti yang sudah diketahui bersama, Laksamana Yudo Margono akan memasuki masa purnabakti pada 26 November 2023 mendatang. Ketua DPR Puan Maharani secara langsung mengumumkan nama Agus sebagai calon Panglima TNI berdasarkan surat presiden (surpres) yang diterima DPR beberapa hari lalu.

Dengan demikian, KSAD Jenderal Agus Subiyanto akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Panglima TNI di DPR. Fit and proper test terhadap Agus akan dilakukan oleh Komisi I DPR, yang membidangi pertahanan. (ARH)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini