Rumah Pemberdayaan Masyarakat Adakan Pelatihan Bisnis Dalam Rangka Inisiasi Solusi Tumbuh Kembang UMKM

0
56

RADAR TANGSEL RATAS – Rumah Pemberdayaan Masyarakat (RPM) bersama para mitra mengadakan workshop (pelatihan) bisnis untuk para pegiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah Tangerang Selatan (UMKM Tangsel). Workshop bisnis ini diadakan dalam rangka menginisiasi (memperkenalkan sesuatu yang baru) untuk solusi tumbuh kembang UMKM.

Acara tersebut diadakan di Hotel Syahidah Inn, Ciputat Timur, Sabtu, 25 November 2023. Kegiatan workshop dengan tema “Strategi Lepas dari Lilitan Hutang dan Membesarkan Bisnis Tanpa Riba” bertujuan untuk membuka cara berpikir tentang riba.

Dan, mencari solusi dalam membuka usaha tanpa riba untuk para pegiat UMKM di Tangsel. Acara dibuka dengan launching sekaligus bedah buku karya CEO RPM Ahmad Husen dengan judul “Solusi Permasalahan Rentenir dan Riba di Indonesia”.

Selain bedah buku, acara juga diramaikan dengan workshop. Hadir sebagai narasumber dalam workshop tersebut adalah para ahli yang berkompeten di bidangnya, di antaranya, Ahmad Husen.

Ia memaparkan pengalamannya dalam mendampingi UMKM yang terbelit hutang rentenir.
“Usaha yang dijalani bila melibatkan hutang riba, maka dipastikan akan mengalami kerugian yang banyak,” ungkap Ahmad Husen.

BACA JUGA :  Kejari Didesak Usut Anggaran Kunker DPRD Tangsel

Narasumber berikutnya adalah Gus Haryanto yang membawakan materi “Tips Tentang Rezeki”. Menurut Gus Hariyanto, ada empat tingkatan rezeki.

Pertama, kata Gus Hariyanto, rezeki diberikan kepada semua makhluk. “Manusia diam saja, tanpa usaha, Allah SWT tetap memberinya,” paparnya.

Kedua, lanjut Gus Hariyanto, rezeki untuk makhluknya yang berupaya berusaha. Ketiga, ucapnya, rezeki untuk makhluk yang selalu bersyukur.

“Keempat, rezeki untuk makhluk yang bertakwa,” tandas narasumber tersebut.

Diikuti Ratusan Pegiat UMKM

Acara workshop tersebut diikuti oleh 240 pegiat UMKM dari seluruh kecamatan di  Tangerang Selatan. Dan, terselenggara atas dukungan dari Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), Indonesian Islamic Business Forum (IIBF), BAZNAS Kota Tangerang Selatan, NIBRAS Grup, LAZNAS Dewan Dakwah, Yayasan Tebar Amal Soleh, Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan.

Kelanjutan dari rangkaian workshop tersebut adalah kegiatan konsultasi. Rumah pemberdayaan masyarakat (RPM) membuka konsultasi untuk 30 pegiat UMKM yang memiliki masalah dengan hutang.

Baik kepada rentenir, perorangan, koperasi maupun lembaga pinjaman online (pinjol). Konsultasi tersebut diadakan pada Kamis, 30 November 2023 di Cafe Mie Aceh Daphubu, Pamulang, Tangsel. (AGS/BINTAN).

BACA JUGA :  Sayembara Desain Bunderan Maruga Menyisakan 5 Finalis, Memasuki Tahap Akhir Penjurian

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini