Wow, Penampilan “Giri Swara” Dalam Festival GSC Angklung Tangsel 2023 Memukau Penonton

0
56

RADAR TANGSEL RATAS – Luar biasa, penampilan komunitas angklung “Giri Swara” Tangerang Selatan (Tangsel) sangat memukau para penonton. Giri Swara tampil dalam Festival GSC Angklung Tangsel 2023 dengan kekuatan penuh dan formasi yang sempurna.

Festival angklung ini digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tangsel Ke-15, Hari Angklung se-Dunia ke-13, Hari Guru ke-78 dan Hari Ibu ke-95. Acara diadakan di Aula Blandongan, Balai Kota Pemerintah Kota Tangerang Selatan, pada Sabtu pagi, 2 Desember 2023.

Dihadiri Wali Kota Tangsel

Diketahui, Festival GSC Angklung Tangsel 2023 ini dihadiri oleh Wali Kota Tangsel, Drs. H. Benyamin Davnie. Hadir juga, pemilik GSC Angklung Ganjar Setiawan, Kepala Dinas Pariwisata Tangsel Heru Sudarmanto, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel Deden Deni, perwakilan dinas pemuda dan olah raga (dispora) Tangsel, Ketua Perempuan Cinta Kebaya Indonesia Susi Karanawati serta tamu undangan lainnya.

Wali Kota Benyamin Davnie dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemkot Tangsel sangat sepakat dan men-support adanya Festival Angklung ini. “Yakni, dalam hal mempertahankan dan melestarikan kebudayaan bangsa,” paparnya.

BACA JUGA :  Heboh Beredar Kartu Mainan Anak untuk Situs Judi Online

Orang nomor satu di Tangsel itu melanjutkan, angklung adalah salah satu kultural yang harus dilestarikan. “Karena, dapat dinikmati oleh semua kalangan. Festival Angklung ini akan memperoleh nilai tersendiri, seperti bagaimana upaya kita menjelaskan kepada dunia bahwa dari bilah bambu dapat mengeluarkan berbagai macam nada,” sebutnya.

Sang wali kota pun berharap, hasil festival ini akan memunculkan berbagai inovasi. “Dalam hal bagaimana menghasilkan sejumlah nada dan memperkaya hasanah kesenian menjadi salah satu keajaiban dunia,” cetusnya.

Diikuti Banyak Komunitas Angklung

Menariknya, festival ini diikuti banyak komunitas angklung dari berbagai daerah di Indonesia. Para peserta itu di antaranya Komunitas Angklung Arumba Banjarwijaya, Angklung Kerta Wredatama Kabupaten Tulang Bawang Lampung, LIGIA (Komunitas Pecinta Angklung Indonesia).

Angklung PWJ Kesehatan Jakarta Barat – Tangerang, Angklung Srikandi Mampang Prapatan, Angklung Bunga Bakung, Angklung Srikandi Kuwera, Angklung Perpeni Lampung. Mereka tampil dengan dipandu pemilik Ganjar Setiawan Community (GSC) Angklung, Ganjar Setiawan.

Tuan Rumah Bangga

Tuan rumah festival, Hj. Lista Hurustiati mengatakan, GSC Angklung ini setiap tahunnya menggelar gelaran yang sama. “Dan, kali ini, giliran Giri Swara yang mendapatkan kesempatan untuk mengadakannya. Kebetulan, saya sendiri peserta dari Giri Swara yang hari ini mendapatkan kesempatan mengggelar Festival GSC Angklung ini,” urainya.

BACA JUGA :  Bacaleg PSI Ini Minta Pemkot Tangsel Lebih Aktif Bantu Anak-anak Gelandangan dan Keluarga Pra-sejahtera

Istri Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie itu pun mengucapkan terima kasih kepada pemkot. “Kami ucapkan terima kasih kepada Pemkot Tangsel yang telah memfasilitasi kegiatan festival angklung ini hingga berjalan sukses,” tandas Bunda Lista, sapaan akrab Hj. Lista Hurustiati.

Kaum Lansia Jadi Peserta

Yang menarik lagi, festival ini diikuti peserta dari kaum lanjut sia (lansia). Kakek dan nenek berusia di atas 70 tahun ikut ambil bagian bermain angklung dalam festival ini.

Umy, anggota Komunitas Angklung Giri Swara Tangsel menyebutkan, peserta ada yang dari empat generasi. “Mereka (empat generasi itu) bermain angklung semua turun temurun. Hebat,” pungkas Umy. (AGS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini