Bang Taufiq Lantik 26.894 Petugas KPPS Tangsel, KPU Sekaligus Tanam 26.900 Bibit Pohon untuk Bahan Kertas Pemilu

0
25

RADAR TANGSEL RATAS – Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Tangerang Selatan (KPU Kota Tangsel), M. Taufiq, M. Z. melantik 26.894 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Seiring dengan itu, KPU Kota Tangsel sekaligus melakukan penanaman 26.900 bibit pohon untuk bahan kertas pemilu.

Dalam keterangan tertulisnya, kepada redaksi Kantor Berita ratas.id RADAR TANGSEL, Kamis sore, 25 Januari 2024, Taufiq mengatakan, kegiatan penanaman bibit pohon ini dilakukan serentak sekaligus pelantikan KPPS Pemilu 2024 di Kota Tangerang Selatan. “Pelaksanaan pelantikan KPPS, penanaman pohon dan bimtek sebagai berikut. Pelantikan dan Bimtek KPPS: jumlah TPS 3.824. Jumlah KPPS yang dilantik 26.894 orang,” ujarnya.

Tujuh Titik Tempat Pelantikan

Dijelaskan Taufiq, jumlah titik pelantikan ada tujuh lokasi. “Kecamatan Serpong di Auditorium Unpam, Kecamatan Setu di Graha Widya Bakti BRIN, Kecamatan Pamulang di UTCC, Kecamatan Ciputat di Tambok Labu, Kecamatan Ciputat Timur di GOR Rahardian, Kecamatan Pondok Aren di Auditorium STAN, dan Kecamatan Serpong Utara di WTC,” paparnya seraya menambahkan, jumlah titik Bimtek KPPS ada di 13 tempat.

BACA JUGA :  Rumah Pemberdayaan Masyarakat Adakan Pelatihan Bisnis Dalam Rangka Inisiasi Solusi Tumbuh Kembang UMKM

Penanaman Bibit Pohon

Sementara itu, pihaknya juga melakukan penanaman bibit pohon. “Jumlah bibit pohon yang akan ditanam 26.900 pohon. Sedangkan, jumlah titik lokasi penanaman bibit pohon ada di 3.831 tempat,” sebutnya.

Total Kebutuhan Kertas Pemilu

Menurut Taufiq, total kebutuhan kertas dengan berbagai jenis untuk logistik Pemilu 2024 secara nasional sekitar 65.998 ton. “Apabila dihitung dengan kebutuhan 65.989.000 kg kertas diganti dengan 5.709.898 bibit pohon, maka diharapkan setiap bibit pohon akan mengganti 11,6 kg kertas,” tukasnya.

Maka, ia melanjutkan, di Tangsel diharapkan dapat berkontribusi bibit pohon 3.831 x 11,6 kg = 312. 040 kg . “Yaitu sama dengan 3,12 ton,” ungkapnya

Jumlah tersebut, ditandaskan Taufiq, sudah dihitung dengan detil. “Ini sebagai wujud tanggungjawab moral kami dan peran serta kami dalam mengimbangi kebutuhan kertas yang digunakan dalam Pemilu 2024,” imbuhnya.

Kegiatan itu, sambung bos KPU Tangsel, sekaligus sebagai simbol rasa bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa. “Ini bentuk rasa terima kasih kepada bumi, dan ikhtiar reboisasi terhadap pohon yang berkontribusi untuk logistik berupa kertas untuk pemilu yang akan datang,” pungkasnya.

BACA JUGA :  DLH Kota Tangsel Kembangkan Budidaya Maggot Skala Rumahan untuk Atasi Permasalahan Sampah

Hadir dalam penanaman bibit pohon tersebut di antaranya Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tangsel, Wahyunoto Lukman. (AGS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini