NASA Buka Loker Bagi Sukarelawan yang Berani Menetap di Planet Mars Selama Setahun Penuh!

0
72
NASA membutuhkan para ilmuwan yang memiliki gelar master di bidang STEM seperti biologi, matematika, atau teknik, atau pilot yang memiliki pengalaman uji coba setidaknya 1.000 jam. Mereka nantinya akan memasuki habitat CHAPEA seluas 1.700 kaki persegi pada musim semi 2025 dan menetap di Planet Mars selama setahun penuh. (foto: istimewa)

RADAR TANGSEL RATAS – Saat ini NASA tengah mencari sukarelawan yang bersedia menghabiskan waktu melakukan simulasi lingkungan Mars selama setahun penuh. Misi simulasi Mars yang disebut CHAPEA (Crew Health and Performance Exploration Analog) ini adalah misi yang kali kedua, dan dijadwalkan berlangsung pada musim semi 2025. Sebab, simulasi Mars kali pertama telah dilakukan pada Juni 2023 lalu.

Dalam situs resminya, NASA menjelaskan bahwa misi simulasi ini merupakan bagian dari upaya mempersiapkan eksplorasi manusia di Planet Merah. Adapun tujuan misi ini untuk memantau kinerja kru sepanjang tahun guna membantu memahami tantangan fisik dan mental yang mungkin dialami astronot di Mars.

“NASA sedang mencari warga negara AS atau penduduk tetap AS yang sehat dan termotivasi, bukan perokok, berusia 30-55 tahun, dan mahir berbahasa Inggris untuk komunikasi yang efektif antara kru dan pengontrol misi,” tulis NASA dalam situs resminya, Kamis (29/2/2024 ).

Untuk bisa mengikuti misi ini, relawan harus memiliki keinginan yang kuat menjalani petualangan yang bermanfaat serta memiliki minat untuk berkontribusi pada pekerjaan NASA dalam mempersiapkan perjalanan manusia pertama ke Mars.

BACA JUGA :  KKP Gagalkan Penyelundupan Benih Bening Lobster Tujuan Malaysia dan Singapura

Dengan demikian, NASA membutuhkan para ilmuwan yang memiliki gelar master di bidang STEM seperti biologi, matematika, atau teknik, atau pilot yang memiliki pengalaman uji coba setidaknya 1.000 jam. Rektrutmennya juga terbatas hanya bagi warga negara Amerika Serikat yang berusia 30 hingga 55 tahun, sehat, dan tidak merokok. Mereka nantinya akan memasuki habitat CHAPEA seluas 1.700 kaki persegi pada musim semi 2025 dan menetap di sana selama setahun penuh.

Tentu saja relawan yang bergabung akan mendapatkan bayaran. Tapi harap diingat, ini bukan pekerjaan mudah. Sebab, anggota kru harus menghadapi tantangan simulasi yang menurut NASA mencakup keterbatasan sumber daya, kegagalan peralatan, tertundanya komunikasi, dan pemicu stres lingkungan lainnya. Termasuk melakukan simulasi berjalan di luar angkasa, operasi robot, pemeliharaan habitat, olahraga, dan pertumbuhan tanaman. (ARH)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini