Ajak Mahasiswa Jauhi Narkoba, BNN Kota Tangsel Gelar Kampanye Kampus “Bersinar” di UPJ

3
65

RADAR TANGSEL RATAS – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus berupaya mengkampanyekan bahaya narkoba pada generasi muda. Salah satu yang disasar adalah kaum mahasiswa.

Gerakan Kampanye Kampus “Bersinar” (Bersih dari narkoba) pun dicanangkan. Hal itu seperti yang dilakukan BNN Kota Tangsel di Kampus Universitas Pembangunan Jaya (UPJ), Bintaro.

Pada Kamis, 04 Juli 2024, BNN Kota Tangerang Selatan mengadakan kampanye berbentuk penyampaian informasi dan edukasi. Yaitu melalui kampanye/Pagelaran Seni Be Creative Without Drugs, di Aula lantai 3, Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) dengan total 500 peserta yang merupakan mahasiswa, baik secara langsung maupun dalam jaringan (daring) pada pukul 09.00 WIB.

Acara tersebut diadakan sebagai bagian dari serangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) pada tanggal 26 Juni 2024. Dalam kegiatan itu sekaligus dideklarasikan Universitas Pembangunan Jaya sebagai “Kampus Bersih Narkoba” (Bersinar).

Deklarasi ini dibacakan oleh perwakilan mahasiswa di hadapan seluruh peserta dan tamu undangan. Tidak hanya itu, ratusan mahasiswa beserta rektor pun melakukan tanda tangan sebagai bentuk komitmen UPJ sebagai Kampus Bersinar.

BACA JUGA :  Tangsel Berusia 14 Tahun, PSI Ingatkan Kader dan Masyarakat untuk Terus Jaga Suasana Kondusif dan Toleransi Dalam Hidup Bernegara

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). Yakni antara kepala BNN Kota Tangerang Selatan dan rektor Universitas Pembangunan Jaya.

Dialog Interaktif

Tarian tradisional Renggong Manis di tampilkan oleh mahasiswa UPJ sebelum dialog interaktif digelar. Dialog interaktif menampilkan praktisi komunikasi: Ilham Rahmdana, M. Si.

Diketahui, Ilham adalah merupakan penyiar radio dan dosen Ilmu komunikasi. Ia memberikan materi dengan tema “Komunikasi Efektif Dalam Rangka Penyebaran Informasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba”.

Narasumber selanjutnya adalah Chairman Asosiasi Konselor Adiksi Indonesia, Samuel Nugraha. Ia membawakan materi adiksi dan rehabilitasi.

Lomba Video Bertema Kreatif tanpa Narkoba

Sebelum acara ini berlangsung, telah diadakan perlombaan membuat video edukasi dengan tema Be Creative without Drugs. Pengumuman pemenang diberikan setelah pelaksanaan dialog interaktif selesai.

Penampilan Endah n Rhesa

Puncak kampanye/pagelaran seni Be Creative Without Drugs adalah penampilan dari “Endah n Rhesa” selama 40 menit. Dilansir dari laman resmi endahnrhesa.com, Endah n Rhesa merupakan pasangan duet dengan genre balada.

Yaitu, apa pun musiknya, pasti ada cerita di balik musik tersebut. Endah selaku vokal dengan suara merdunya membawakan sejumlah lagu hits.

BACA JUGA :  Tim Fasilitasi CSR Gerak Cepat Bantu Bagikan Makanan ke Korban Banjir di Tangsel

Salah satunya adalah “I do Remember”, “Menua Bersama”, “When You Love Someone”. Hingga, lagu “Pulang ke Pamulang”.

Terdengar riuh para penonton turut menyanyikan lagu tersebut bersama dengan sang vokalis dengan penuh semangat hingga berakhirnya acara. Di antara pergantian lagu, Endah sang vokalis pun tidak lupa memberikan selingan berupa pesan positif bahwa narkoba hanya akan merusak masa depan.

Pesan Kepala BNNK Tangsel untuk Anak Muda

Kepala BNN Kota Tangerang Selatan, Satrya Ika Putra, S. H., M. H. pun memberikan pesan yang menyentuh untuk anak muda. “Memilih tema Be Creative Without Drugs bukan tanpa alasan. Melainkan, dengan penuh pertimbangan melihat fenomena mahasiswa yang semakin banyak menyalahgunakan narkoba. Kami ingin mengampanyekan pesan positif kepada anak muda bahwa menjadi kreatif tidak perlu pakai narkoba,” pungkas Satrya. (AGS)

 

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini