Tokoh Wanita Tangsel Dilantik Jadi Ketua PERPINA Banten, Bunda Lista Siap “Cetak” Pemimpin dari Kaum Hawa

1
32

RATAS – Tokoh wanita Tangerang Selatan (Tangsel), Hj. Lista Hurustiati, S. H., M. H. atau yang biasa disapa Bunda Lista dilantik menjadi ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perkumpulan Perempuan Pemimpin Indonesia (PERPINA) Wilayah Provinsi Banten. Bunda Lista pun siap memajukan perempuan dan “mencetak” para pemimpin dari kaum hawa.

“Setelah dilantik menjadi ketua Dewan Pengurus Daerah Perkumpulan Perempuan Pemimpin Indonesia (PERPINA) Provinsi Banten, harapan saya ke depan, mudah-mudahan, bisa semakin banyak mencetak dan melahirkan para perempuan menjadi pemimpin yang tangguh,” ujar Bunda Lista, kepada redaksi Kantor Berita ratas.id, Ahad, 22 September 2024, di Tangsel.

Tidak hanya menjadi pemimpin yang tangguh, kata tokoh perempuan pejuang UMKM itu, tetapi juga yang mandiri, berani bersikap. “Dan, berani mengambil sebuah kebijakan dan juga bisa dipegang omongannya dan dipegang janjinya. Pada dasarnya, perempuan-perempuan itu, sebetulnya bila diberikan kesempatan, maka mereka mempunyai kekuatan yang sangat luar biasa,” tegasnya.

Lahirkan Perempuan Pemimpin Semua Bidang

Bunda Lista pun melanjutkan, di sinilah peran dan fungsi dirinya sebagai ketua PERPINA Banten diharapakan dapat melahirkan pemimpin-pemimpin dari kaum hawa lebih banyak lagi di Provinsi Banten. “Bukan hanya sebagai kepala daerah, melainkan juga sebagai pemimpin sebuah organisasi, perusahaan, yang paling utama adalah dirinya sendiri,” cetusnya.

Founder Gerai Lengkong ini menandaskan, mereka dapat berkontribusi, berkolaborasi dan juga bersinergi dengan semua kalangan baik lembaga pemerintah. “Lembaga keuangan, organisasi maupun yang lainnya. Jika para perempuan ini bersatu, maka akan menghasilkan dan membuahkan kesejahteraan untuk masyarakat, khususnya Banten dan umumnya di lingkungan keluarga.
Mereka mempunyai kekuatan untuk meningkatkan secara ekonomi,” paparnya.

Sebab, ungkap mantan istri Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie ini, di PERPINA sendiri ada beberapa bidang yang memang dapat mendongkrak perekonomian masyarakat. “Ada bidang perdagangan dan luar negeri, dan kita akan menghasilkan juga mencetak produk-produk unggulan dari Provinsi Banten yang kita akan kolaborasikan dengan daerah-daerah lain maupun negara lain tentunya. Kita akan membuat sebuah event besar yang di situ, produk-produk unggulan para perempuan yang dihasilkan bisa dikenal di seluruh Indonesia maupun mancanegara,” urainya.

BACA JUGA :  Sejalan dengan Visi Misi Airin, Pramono Ingin MRT Bisa Terkoneksi Hingga Tangsel

Diisi Tokoh-tokoh Perempuan Hebat

PERPINA Banten sendiri, terang Bunda Lista, diisi oleh tokoh-tokoh perempuan hebat dan memiliki jabatan strategis. “Di PERPINA Provinsi Banten itu, kita ada pembina yaitu Ibu Virgojanti yang saat ini sebagai plh. sekda Provinsi Banten dan ada dewan penasihat yaitu Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Dr. Euis Amalia, ketua saya sendiri, Sekretaris Ibu Ari, Bendahara Ibu Desra,” sebutnya.

Penerima “Anugerah Perempuan Indonesia Award 2023″ itu melanjutkan, ada beberapa bidang yang nanti akan segera diisi oleh para pengurus dalam “kabinet” yang akan dipimpinnya. “Antara lain kita ada bidang organisasi, kaderisasi dan keanggotaan. Ada bidang pendidikan dan pelatihan. Ada bidang lingkungan hidup. Ada bidang kesehatan. Ada bidang perdagangan dan luar negeri. Ada bidang parekraf (pariwisata, ekonomi kreatif). Ada bidang sosial,” ucapnya.

Kemudian, sambungnya, ada beberapa koordinator wilayah. “Termasuk juga nanti bagaimana perempuan-perempuan ini bisa berkoordinasi dengan wilayah-wilayah luar Banten. Dan akan membentuk sebuah koordinator untuk melakukan kerja sama dalam bentuk usaha, dalam bentuk kegiatan pelatihan dan pendampingan, khususnya para perempuan dan anak yang ada di Wilayah Provinsi Banten,” jelasnya.

Di siinilah peran PERPINA nanti akan terlihat lebih harmonis, imbuhnya. “Tentu itu bisa dilakukan kalau kita semua bergerak bekerja sama dan berkolaborasi mensejahterakan masyarakat Provinsi Banten khususnya. Dan kita memang harus bekerja sama dengan pemerintah. Karena, kalau kita bekerja sendiri, itu akan sulit untuk mencapai Indonesia Emas. Dan, kita ingin perempuan-perempuan ini mencapai Indonesia Emas serta bisa melahirkan mencetak anak-anak penerus bangsa yang mandiri kuat tangguh dan juga penuh rasa percaya diri yang kuat,” tukasnya.

API Award Lahirkan Tokoh-tokoh Perempuan

Diungkapkan Bunda Lista, organisasi PERPINA itu lahir karena adanya penghargaan yang diterima dari beberapa perempuan penerima “API Award”. API adalah Anugerah Perempuan Indonesia.

“Ada perwakilan berbagai wilayah termasuk saya selain sebagai juri legalnya API. Saat itu, saya juga sebagai penerima API (Anugerah Perempuan Indonesia) di tahun 2023. Termasuk pembina PERPINA Banten, Ibu Virgoyanti sebagai seorang perempuan yang memang menerima API Award dan menunjuk atau mengusulkan saya sebagai ketua organisasi tersebut. Saya juga akan terus berkontribusi, berkoordinasi, berkolaborasi dengan pemerintah untuk menjalankan program-program macam-macam untuk peningkatan keilmuan seperti pendampingan dan juga pelatihan untuk para kaum hawa di Banten,” pungkasnya.

BACA JUGA :  2 ASN Pemprov Banten Dilaporkan, Diduga Dukung Cagub di Pilkada Banten

PERPINA sendiri adalah sebuah organisasi perempuan di Indonesia yang sudah mempunyai perwakilan di luar negeri dan telah menjadi pilar penting dalam pemberdayaan perempuan dan kepemimpinan di Indonesia. Sejak didirikan dan dikukuhkan di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI tahun 2019, PERPINA telah berkomitmen untuk menginspirasi, mendukung dan mengembangkan potensi perempuan Indonesia agar dapat berperan lebih aktif dan selektif dalam berbagai bidang kehidupan.

Bunda Lista diangkat dan dilantik menjadi ketua DPD PERPINA Banten, pada Kamis, 19 September 2024, di Aula Lantai 11, Kantor Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Jl. Merdeka Barat, No. 15, Jakarta Pusat. Sekaligus satu rangkaian dengan acara memperingati Hari Ulang Tahun PERPINA yang ke-5.

PERPINA juga menyelenggarakan acara “Future Women Leaders Summit 2024” berupa talk show dengan mengundang beberapa narasumber. Tema acara HUT PERPINA ke-5 sendiri adalah “Perempuan Berperan Penting Dalam Ketahanan Bangsa dan Negara Menuju Indonesia Emas 2045”.

Paparan Ketum PERPINA

Ketua Umum (Ketum) PERPINA, Veve Safitri dalam paparannya mengatakan tujuan acara Women Leaders Summit adalah sebagai berikut. Pertama, lanjutnya, menggali dan mengapresiasi peran perempuan.

“Acara ini bertujuan untuk menggali peran strategis perempuan dalam memperkuat ketahanan bangsa dan negara, baik di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Ini termasuk menghargai kontribusi perempuan dalam berbagai sektor yang menjadi pilar utama menuju Indonesia Emas 2024,” paparnya.

Ke-2, ungkapnya, mendorong kepemimpinan perempuan. “Summit ini berfungsi sebagai platform untuk mendorong lebih banyak perempuan untuk mengambil peran kepemimpinan di berbagai sektor. Dengan memperkuat peran perempuan sebagai pemimpin, diharapkan tercipta kebijakan dan tindakan yang lebih inklusif dan berkelanjutan,” urainya.

BACA JUGA :  Paguyuban Sunda Muda Dukung Bacalon Gubernur Banten Airin-Ade Sumardi

Tujuan ke-3, jelas Veve, membangun jaringan dan kolaborasi. “Acara ini juga bertujuan untuk membangun dan memperkuat jaringan serta kolaborasi antar-perempuan pemimpin di berbagai bidang. Kolaborasi ini diharapkan dapat mempercepat tercapainya tujuan-tujuan nasional, termasuk dalam konteks ekonomi sirkuler dan keberlanjutan,” sebutnya.

Kemudian, kata Veve, tujuan ke-4 adalah memperkuat ketahanan sosial. “Summit ini akan membahas bagaimana perempuan dapat berperan dalam memperkuat ketahanan sosial masyarakat, termasuk isu-isu krusial seperti pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Ini selaras dengan visi Indonesia Emas 2024 yang menekankan pada masyarakat yang sejahtera, berpendidikan, dan sadar lingkungan,” terangnya.

Yang ke-5, tujuan acara ini, tandas Veve adalah mempromosikan agenda nasional dan global. “Tujuan lain dari acara ini adalah untuk mempromosikan agenda nasional, termasuk Indonesia Emas 2024 di kancah internasional. Melalui partisipasi perempuan, diharapkan Indonesia dapat menunjukkan kepemimpinannya dalam isu-isu global seperti kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan keberlanjutan,” tegasnya.

Selanjutnya, tujuan terakhir, diungkapkan ketum adalah menginspirasi generasi muda. “Acara ini juga bertujuan untuk menginspirasi generasi muda, khususnya perempuan, untuk aktif berpartisipasi dalam pembangunan bangsa. Dengan memberikan contoh-contoh sukses dari para pemimpin perempuan, diharapkan lebih banyak anak muda yang termotivasi untuk mengambil peran penting dalam perjalanan menuju Indonesia Emas 2024,” cetusnya.

Masih Terjadi Kekerasan Fisik dan Mental

Dalam Acara Future Women Summit, Veve Safitri mengungkapkan, 1 dari 2 anak Indonesia mengalami kekerasan fisik dan mental. “Oleh karena itu, melalui summit yang pertama kali digelar oleh PERPINA, dihadirkan narasumber yang sangat kompeten dan pakar dalam bidangnya masing-masing,” imbuhnya.

Mereka, disebutkan Veve, adalah Prof. Marlinda Puteh, Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo, Msc. (rektor Universitas Pancasila, komisaris Indofood dan dewan pengarah BRIN), Sudaryono (wakil menteri pertanian), Prof. Sylviana Murni, Wamen KLHK Dr. Alue Dohong, Msc., Dr. Bintang Puspayoga, Msi. (menteri pemberdayaan dan perlindungan anak). Lalu, Dr. Yessy Gusman, S. H., pemerhati PAUD (pendidikan anak usia dini).

Simak selengkapnya di Channel YouTube ratas tv berikut ini. (AGS)

 

1 KOMENTAR

  1. What an excellent post! Reading it was really educational for me. You provided extremely well-organized material, and your explanations were both clear and brief. Your time and energy spent on this article’s research and writing are much appreciated. Anyone interested in this topic would surely benefit from this resource.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini