Wali Kota Sugeng Purwanto, Mantan KASAD TNI (Jend. Purn. Subagyo H. S.) dan Ketua KJNI Jakarta David Chandrawan Semarakkan Jalan Nordik Bersama, “From Yogyakarta With Love”

7
22

RATAS – Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto dan mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD), Jenderal Purnawirawan Subagyo Hadi Siswoyo serta Ketua Komunitas Jalan Nordik Indonesia (KJNI) Jakarta David Chandrawan ikut menyemarakkan olah raga santai. Yakni jalan sehat nordik bersama dengan tema “From Yogyakarta With Love”.

Dua KJNI berkolaborasi menggelar acara bersama Jalan Nordik Sehat “From Yogyakarta With Love” tersebut. Keduanya adalah KJNI Solo (Pesanggrahan Mas) dan Yogyakarta.

Jalan nordik sehat itu digelar pada Sabtu, tanggal 28 September 2024, di Yogyakarta. Acara jalan sehat nordik tersebut berlangsung sangat meriah dan penuh keakraban.

Ratusan peserta amat antusias mengikuti kegiatan jalan sehat nordik itu. Acara tersebut dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB sampai 11.00 WIB tersebut.

KNJI Jawa Tengah Beri Appresiasi  KAI Daop 6 Yogyakarta

Ketua KJNI Jawa Tengah dan Solo (Dr. Ir. Retno Setyowati, M. Si dan Titik) memulai acara dengan memberikan slempang kehormatan dan buket bunga kepada Kepala KAI Daerah Operasi (Daop) VI Yogyakarta, Bambang Respationo dan Wali Kota Yogyakarta, Ir. Sugeng Purwanto, M. M. A.  Juga ke founder KJNI, Ir. Sumartoyo, M. S. M., D. B. A. yang didampingi Ketua KJNI Jakarta, David Chandrawan, S. T., M. M.

BACA JUGA :  Tarian Suku Kei Ramaikan Welcome Ceremony Event 'International Yatcth Rally' Tahun 2022

Retno dan Titik menyerahkan tongkat nordik dan kue ulang tahun kepada empat orang tersebut. Kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk kepedulian KJNI terhadap pelayanan KAI dan Wali Kota Yogyakarta yang sangat  peduli dengan budaya dan kesehatan.

“Kita semua sangat peduli dengan budaya kesehatan,” imbuh Retno usai melepas jalan nordik mengelilingi Rute Malioboro, Yogyakarta.

Berjalan Lancar dan Meriah

Kegiatan jalan sehat nordik di Karang Pramuka, Kaliurang, Yogyakarta itu berlangsung lancar, meriah dan penuh suasana keakraban. Acara dimulai dengan sambutan dari Drs. Artomo selaku ketua KJNI Pesanggrahan Mas Jakarta.

Dan, Lukman Kudonarpodo, ketua KJNI Yogyakarta yang juga tuan rumah acara. Lalu, dilanjutkan sambutan Jenderal TNI (Purn.) Subagyo Hadi Siswoyo selaku ketua dewan penasihat KJNI Pusat.

Kemudian, acara dibuka bersama oleh founder nordik, Sumartoyo, dan para ketua KJNI dengan mengangkat bendera start. Serta, dilanjutkan dengan jalan sehat nordik mulai dari Karang Pramuka menelusuri area Kaliurang yang indah dan dalam suasana yang nyaman dengan udara segar dan pemandangan pegunungan yang asri.

BACA JUGA :  Datangkan Ernst & Young untuk Audit PSSI, Erick Thohir: Ini Bukti Saya Serius Ingin Bersih-Bersih!

Ciptakan One Spirit

Ketua KJNI Jakarta, David Chandrawan, S. T., M. M. mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk menciptakan one spirit. Kebersamaan KJNI Jakarta, Pesanggrahan Mas, Jawa Tengah, Solo, dan Yogyakarta melakukan aktivitas bersama ini, kata David dalam rangka menciptakan one spirit. “Tentu untuk menciptakan one spirit yang sehat dan guyub bersama,” papar pria yang juga ketua umum Ikatan Alumni PPM School of Management (IKA PPM) ini.

David pun mengajak masyarakat mewariskan semangat hidup yang sehat. “Jadi, mari kita wariskan Indonesia yang lebih sehat, bugar, selaras (SBS) dan berdampak nyata,” cetus pria yang gemar berolah raga jalan nordik sehat serta menembak dan golf itu.

Tentang Jalan Nordik

Sebagai informasi, jalan nordik adalah olah raga berjalan kaki yang menggunakan dua tongkat penumpu. Olah raga satu ini menawarkan pengalaman berjalan kaki yang dapat memberi stimulasi efektif terhadap struktur tubuh agar lebih sehat.

Tongkat nordik yang digunakan merupakan alat yang terbuat dari composite carbonara (aluminium) dan sifatnya telescopic atau dapat diatur panjang-pendeknya. Di ujung bawah tongkat biasanya terdapat pangkal karet yang dapat diganti-ganti menyesuaikan medan (tempat) berjalan, dan terdapat antishock atau pegas di dalamnya.

BACA JUGA :  Heboh! Mike Tyson Tantang Canelo Alvarez Bertarung Jika Petinju Asal Meksiko Itu Senggol Lionel Messi

Berbeda dengan jalan kaki biasa, jalan nordik dibekali sepasang tongkat ski selama berolah raga. Keunggulan dari olah raga ini adalah dapat membakar lebih banyak kalori karena otot punggung dan tangan ikut bergerak saat berjalan. (AGS)

7 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini