Debat Paslon Pilkada Tangsel 2024 Dilaksanakan Dua Kali

0
11

RATAS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan berencana menggelar debat kandidat pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangsel 2024 sebanyak dua kali.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kota Tangsel, Heni Lestari, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan rapat pleno untuk membahas hal ini.

“Dalam peraturan KPU, debat maksimal ada tiga. Namun, kami bersama pimpinan memutuskan untuk menggelar dua kali debat kandidat,” ucap Heni saat dikonfirmasi pada Selasa (8/10/2024).

Debat Pilkada Tangsel akan diikuti oleh dua pasangan calon: Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan dan Ruhamaben-Shinta. Debat pertama dijadwalkan pada 12 November 2024 pukul 14.00 WIB, sementara debat kedua akan dilaksanakan pada 21 November 2024 pukul 19.00 WIB.

KPU Tangsel juga telah memilih dua stasiun televisi sebagai penyelenggara debat, yaitu Metro TV dan Kompas TV. “Debat kandidat pertama akan disiarkan di Metro TV, sedangkan yang kedua di Kompas TV,” tambah Heni.

Mekanisme debat, baik untuk sesi pertama maupun kedua, belum diumumkan secara resmi. Namun, dipastikan bahwa pasangan calon akan mengikuti debat selama dua jam. Saat ini, KPU Tangsel sedang memilih moderator dari nama-nama yang telah diajukan oleh stasiun televisi yang menyiarkan acara. Pemilihan panelis juga belum dilakukan dan akan ditentukan setelah rapat pleno.

BACA JUGA :  Rama-Shinta Luncurkan Warna Pink dan Hashtag "Tangsel Banget"

Debat kandidat bertujuan memberikan informasi mengenai visi, misi, dan program kerja pasangan calon kepada masyarakat sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan pilihan. Pelaksanaan debat ini mengacu pada PKPU Nomor 13 Tahun 2024 dan Keputusan KPU Nomor 1363 Tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Kampanye Pilkada.

Sebagai informasi tambahan, KPU telah menetapkan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangsel: Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan dengan nomor urut 1, dan Ruhamaben-Shinta dengan nomor urut 2 untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. (HDS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini