Hi Guys, Yuk, Ikuti “Kompetisi Bumi Berseru Fest 2024” yang Digelar Telkom, Mari Bersama Lestarikan Lingkungan!

15
155

RATAS – PT. Telkom Indonesia menggelar “Kompetisi Bumi Berseru Fest 2024”. Kompetisi ini digelar sebagai bentuk kepedulian Telkom dalam pelestarian lingkungan.

Sebagai perusahaan digital telekomunikasi di Indonesia, Telkom senantiasa berkomitmen dan turut mengambil peran inisiatif dalam upaya pelestarian lingkungan. Tepatnya, di tengah isu krisis lingkungan yang saat ini semakin meningkat.

Komitmen ini pun diimplementasikan melalui Program “Bumi Berseru Fest” yang merupakan wadah kolaborasi inisiatif Telkom untuk organisasi dan penggiat lingkungan dalam menciptakan gerakan inovasi dan kreativitas demi keberlangsungan lingkungan yang berkelanjutan. Demikian diungkapkan AVP External Communication PT. Telkom Indonesia, Sabri Rasyid.

Terbuka untuk Umum

Menurut Sabri Rasyid, Kompetisi Bumi Berseru Fest ini terbuka untuk masyarakat umum. Dibuka sejak tanggal 14 Oktober hingga 15 November 2024.

Ajak Masyarakat Lestarikan Lingkungan

Kata Sabri, melalui “Bumi Berseru Fest”, Telkom mengajak masyarakat bergerak untuk kelestarian lingkungan. “Yaitu dengan cara yang kreatif dan inovatif,” ujar Sabri, dalam siaran persnya yang diterima redaksi Kantor Berita ratas.id, Kamis 31 Oktober 2024.

BACA JUGA :  Bawaslu Usul Pilkada Serentak 2024 Ditunda, Ketua KPU Hasyim Asy'ari Belum Tahu Alasannya

Terbagi Dalam Tiga Kategori

Dijelaskan Sabri, program ini terbagi ke dalam tiga kategori kompetisi. Pertama, tukasnya, “Panggilan Aksi untuk Bumi”.

Kedua, lanjutnya, “Alam Dalam Lensa”. Dan, ketiga, “Inovasi Eco Produk”.

“Panggilan Aksi untuk Bumi”, diterangkan Sabri, adalah kompetisi proposal program atau kegiatan lingkungan yang dapat diikuti oleh organisasi maupun komunitas penggiat lingkungan (mapala, sispala, komunitas, dan lainnya). “Kompetisi ini terbagi ke dalam tiga sub-kategori, yaitu ‘Pelestarian Ekosistem Darat dan Laut’, ‘Reforestasi dan Rehabilitasi Lingkungan’, dan ‘Konservasi untuk Keanekaragaman Hayati’,” urainya

Setelah melalui beberapa proses seleksi, nantinya pemenang terpilih akan mendapatkan bantuan pendanaan program. “Mulai dari Rp10.000.000  hingga Rp25.000.000,” terangnya.

Kemudian, sambung Sabri, kategori “Alam Dalam Lensa”. “Kategori ini merupakan kompetisi fotografi pada platform media sosial Instagram sebagai bentuk kampanye peduli lingkungan. Setiap satu unggahan foto yang diikutsertakan sama dengan menyumbangkan satu bibit pohon untuk reforestasi hutan Indonesia,” ucap dia.

Ditandaskannya, “Alam Dalam Lensa” terbagi ke dalam dua sub-kategori, yaitu “Pesona Kharismatik Biodiversitas Indonesia dan Selaraskan Alam, “Hidup dalam Keseimbangan. “Melalui kompetisi ini, Telkom mengajak masyarakat untuk membagikan keindahan alam Indonesia beserta interaksi manusia dengan alam. Pemenang terpilih akan mendapatkan apresiasi sebesar Rp2.000.000 hingga Rp5.000.000,” cetusnya.

BACA JUGA :  BIN Bantah Klaim Hacker Bjorka tentang Bocornya Ribuan Surat untuk Presiden Jokowi

Selanjutnya, ketiga, sebut Sabri, kategori “Inovasi Eco Produk”. “Yaitu kompetisi inovasi dan kreasi produk lokal yang menerapkan prinsip ramah lingkungan dan keberlanjutan. Melalui kompetisi ini, Telkom mengajak para masyarakat dan pelaku usaha lokal untuk menciptakan inovasi produk yang ramah lingkungan,” tegas dia.

Kompetisi terbagi dalam tiga sub-kategori, ungkapnya. “Yaitu ‘Produk Daur Ulang dan Pemanfaatan Kembali’, ‘Bahan Ramah Lingkungan’ dan ‘Produk Sirkular Ekonomi’. Pemenang terpilih akan mendapatkan apresiasi sebesar Rp7.500.000 hingga Rp20.000.000,” ia menegaskan.

Selaras dengan Komitmen Telkom

SGM Social Responsibility Telkom, Hery Susanto menyampaikan, kegiatan ini selaras dengan komitmen perusahaannya dalam penerapan prinsip ESG dan menjaga kelestarian alam. “Telkom mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk terlibat dalam gerakan ‘Bumi Berseru Fest’,” ucap Hery.

Apa harapan ke depan? Harapannya, tegas Hery, gerakan ini dapat menjadi wadah kolaborasi untuk berkreasi dan berinovasi demi masa depan kelestarian lingkungan yang berkelanjutan.

“Bumi Berseru Fest juga selaras dengan komitmen Telkom dalam pencapaian Sustainable Development Goals di tahun 2030, khususnya pada SDG 8, 11, 12, 13, 14, 15 di pilar pembangunan ekonomi dan lingkungan,”  pungkasnya.

BACA JUGA :  Dirjen IKP: ASEAN Paragames Jadi Momentum Mengangkat Harkat Bangsa

Selengkapnya dapat disaksikan di Channel YouTube ratas tv berikut ini. (AGS)
 

 

15 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini