RATAS – Sebagai salah satu penggerak roda perekonomian nasional, Usaha Mikro Kecil (UMK) di Indonesia perlu beradaptasi dengan teknologi untuk tetap kompetitif. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mengambil peran penting dalam mendorong adaptasi ini melalui program Rumah BUMN Telkom (RB Telkom). Hingga tahun 2024, RB Telkom telah berhasil memberikan pendampingan kepada UMK di 43 lokasi di seluruh Indonesia.
Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), pada tahun 2019 terdapat 65,4 juta UMK di Indonesia yang mampu menyerap 123,3 ribu tenaga kerja. Angka ini menegaskan peran signifikan UMK dalam perekonomian Indonesia.
RB Telkom mendukung UMK melalui empat pilar utama: Go Modern, Go Digital, Go Online, dan Go Global. Berikut adalah pencapaian RB Telkom di setiap pilar:
1. Go Modern
RB Telkom mengajak UMK untuk mengadopsi pola pikir profesional dan meningkatkan kemampuan manajerial. Hingga tahun ini, RB Telkom telah memodernisasi 11.544 UMK, melebihi target dengan capaian 120,25%.
2. Go Digital
RB Telkom memberikan pelatihan pemanfaatan platform digital untuk meningkatkan efisiensi, daya saing, dan pertumbuhan bisnis. Sepanjang 2024, sebanyak 10.438 UMK telah didigitalisasi, mencapai 144,97% dari target.
3. Go Online
RB Telkom mendukung UMK untuk memanfaatkan platform daring guna meningkatkan akses pemasaran melalui pelatihan e-commerce. Tahun ini, sebanyak 3.881 UMK telah dibina untuk berjualan secara online, dengan capaian 99,51% dari target.
4. Go Global
RB Telkom membantu UMK binaannya untuk menembus pasar internasional melalui peluang ekspor dan partisipasi dalam pameran internasional, khususnya di Asia seperti Korea Selatan dan China. Hingga 2024, sebanyak 80 UMK telah didampingi untuk go global, mencapai 147% dari target.
Senior General Manager Social Responsibility Telkom, Hery Susanto, menyampaikan apresiasi atas pencapaian ini. “UMK merupakan pahlawan penggerak perekonomian daerah dan nasional. Oleh karena itu, Telkom berkomitmen memberikan pembinaan melalui program pelatihan, pameran, hibah kemasan, dan alat produksi. Dukungan Telkom melalui RB Telkom adalah langkah awal bagi UMK untuk naik kelas dan berdaya saing global,” ujar Hery.
Komitmen Telkom dalam mempercepat digitalisasi UMK selaras dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke-8, yaitu mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan serta menciptakan lapangan kerja yang produktif. Dengan keberhasilan ini, Telkom mempertegas perannya sebagai mitra strategis UMK untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. (HDS)