Business Matching PaDi UMKM Raup Transaksi Rp1,2 Triliun dalam Sehari

16
61
Telkom
PaDi UMKM

RATAS – PaDi UMKM, platform digital milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), kembali membuktikan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Melalui program Business Matching, UMKM yang berpartisipasi berhasil mencatat omzet lebih dari Rp1,2 triliun hanya dalam satu hari.

Acara Business Matching ini digelar di Ballroom The Gade, Jakarta, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan PaDi Business Forum & Showcase tahun kedua. Sebanyak 86 BUMN dan 27 UMKM dari berbagai daerah, termasuk Jabodetabek dan Boyolali, turut berpartisipasi dengan menawarkan beragam produk, mulai dari elektronik, fashion, hingga makanan dan minuman.

VP Synergy Telkom, Kuncoro Wastuwibowo, dalam sambutannya menyatakan bahwa inovasi penciptaan platform digital hanyalah bagian kecil dari transformasi bisnis. “Jika hanya menciptakan platform, serahkan saja kepada Telkom, pasti beres. Inovasi yang sesungguhnya adalah bagaimana menciptakan pasar, seperti yang telah dilakukan BUMN melalui transformasi proses pengadaan menjadi peluang pasar baru,” ujar Kuncoro.

Sejak pertama kali dilaksanakan, Business Matching awalnya hanya menghasilkan transaksi dalam jumlah miliaran rupiah. Namun, kini angkanya telah mencapai Rp16 triliun, mencerminkan keberhasilan inovasi dan komitmen seluruh BUMN dalam mendukung UMKM.

BACA JUGA :  Antares Eazy Perkenalkan Smart Home dalam Satu Sentuhan Layar

Business Matching kali ini merupakan bagian dari PaDi Business Forum & Showcase, yang juga mencakup berbagai kegiatan lain seperti talkshow, pameran produk (showcase), dan diskusi PaDi Talk. Kegiatan ini menjadi puncak dari rangkaian Business Matching yang telah diadakan di berbagai wilayah Indonesia sejak awal tahun. Dalam kesempatan ini, lebih dari 31 ribu transaksi dengan total nilai mencapai Rp1 triliun berhasil tercatat.

EVP Digital Business & Technology Telkom, Komang Budi Aryasa, menegaskan bahwa Telkom akan terus mengembangkan PaDi UMKM, tidak hanya sebagai platform pengadaan, tetapi juga sebagai solusi menyeluruh untuk mendorong pertumbuhan bisnis UMKM. “Melihat betapa strategisnya peran UMKM dalam perekonomian nasional, Telkom akan terus mendukung pengembangannya, baik melalui kolaborasi dengan BUMN maupun perusahaan swasta,” ujarnya.

Menurut data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian nasional dengan kontribusi 99% dari total unit usaha di Indonesia. Sektor ini juga menyumbang lebih dari 60% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) serta menyerap hampir 97% dari total tenaga kerja di Indonesia.

BACA JUGA :  Smart CheckUp Berbasis AI TelkoMedika Raih Penghargaan TOP Award 2024

Selain mendorong peningkatan transaksi, Business Matching juga menjadi wadah bagi UMKM untuk membangun jaringan, menjalin kolaborasi, dan meningkatkan daya saing, sehingga lebih banyak UMKM dapat memenuhi kebutuhan BUMN yang masih belum terakomodasi.

Keberhasilan program Business Matching ini menjadi tonggak penting dalam kontribusi Telkom untuk pertumbuhan UMKM di Indonesia. Melalui PaDi UMKM, Telkom berharap dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkuat perekonomian nasional. (HDS)

16 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini