RATAS – Mempertahankan loyalitas pelanggan di tengah kompetisi yang ketat merupakan tantangan tersendiri bagi pelaku usaha, terutama Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Tantangan ini kini dapat diatasi dengan memanfaatkan teknologi yang ditawarkan OCA Indonesia (OCA), salah satu produk unggulan dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom).
OCA menghadirkan layanan OCA Interaction Lite, sebuah platform Customer Relationship Management (CRM) yang membantu UMKM mengelola interaksi dengan pelanggan secara efisien. Platform ini mendukung peningkatan layanan after sales, yang berdampak positif terhadap loyalitas pelanggan dan citra merek.
Layanan after sales sering kali terabaikan oleh UMKM karena keterbatasan sumber daya, membuat interaksi dengan pelanggan kurang efektif dan lambat. Pemanfaatan platform CRM seperti OCA Interaction Lite menjadi solusi praktis karena tidak membutuhkan banyak sumber daya dan mampu mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi.
Dengan solusi ini, respons kepada pelanggan menjadi lebih cepat, meningkatkan kepuasan dan kepercayaan mereka. Integrasi saluran komunikasi juga memudahkan pemantauan keluhan pelanggan, yang dapat segera terselesaikan, sehingga reputasi usaha meningkat.
OCA Interaction Lite mampu mengintegrasikan berbagai saluran seperti komentar dan pesan di Facebook, Instagram, serta direct message dalam satu dashboard.
“OCA Interaction Lite adalah salah satu platform unggulan kami yang dapat digunakan oleh UMKM di Indonesia dalam mengoptimalkan layanan after sales. Dengan OCA Interaction Lite, UMKM bisa secara proaktif membangun hubungan yang lebih personal dan relevan dengan pelanggan, serta memanfaatkan sumber daya secara lebih efisien sehingga memberikan hasil yang lebih optimal,” ujar EVP Digital Business and Technology Telkom, Komang Budi Aryasa.
OCA Interaction Lite Tawarkan Solusi Fleksibel
OCA Interaction Lite menawarkan fleksibilitas dengan fitur yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan bisnis. Produk ini dirancang agar UMKM dapat langsung menggunakan fitur utama tanpa membayar tambahan untuk fitur yang belum relevan. Ini menjadikannya solusi ideal bagi UMKM yang kebutuhan pengelolaan interaksi pelanggannya belum sebesar perusahaan besar.
Seiring pertumbuhan bisnis, UMKM dapat dengan mudah menambahkan fitur baru, seperti ticketing, tanpa perlu mengganti platform. OCA Interaction Lite menjadi investasi jangka panjang yang mendukung kebutuhan bisnis saat ini dan menyesuaikan diri dengan perkembangan di masa depan.
Melalui teknologi ini, Telkom menunjukkan komitmennya dalam membantu UMKM menghadapi era digital dengan lebih percaya diri. OCA Interaction Lite membantu UMKM mengoptimalkan layanan after sales secara proaktif, personal, dan berbasis data, mendukung keberlanjutan usaha. Informasi lebih lanjut mengenai OCA Interaction Lite dapat dilihat di sini: https://leaptelkom.me/OCAInteractionLite. (HDS)