Kolaborasi AdMedika dan Great Eastern Life Indonesia Hadirkan AdClaim untuk Optimalkan Layanan BPJS Kesehatan

0
37
Direktur Marketing AdMedika Muhammad Nasrun Ihsan (paling kiri), CEO AdMedika Dian Prambini (kedua dari kiri), Head of Group Insurance Division Great Eastern Life Indonesia Daniel Herjun Putranto (kedua dari kanan), dan Head of Operations Division Great Eastern Life Indonesia dr. Steven Setiawan (paling kanan) saat meresmikan kerjasama AdClaim antara Admedika dan Great Eastern Life Indonesia, beberapa waktu yang lalu.

RATAS – Asuransi swasta memiliki peran penting dalam melengkapi perlindungan finansial peserta, terutama dalam menutupi layanan kesehatan yang belum sepenuhnya ditanggung oleh BPJS. Sejalan dengan itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah mempersiapkan regulasi baru terkait skema Coordination of Benefit (CoB) guna meningkatkan efisiensi pengelolaan klaim antara BPJS Kesehatan dan asuransi swasta. Meski skema CoB berpotensi meningkatkan efisiensi, tantangan seperti kompleksitas administrasi dan koordinasi antar pemangku kepentingan masih menjadi kendala. Untuk mengatasi hal ini, Great Eastern Life Indonesia dan AdMedika, anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), memperkenalkan solusi terintegrasi melalui AdClaim Optimalisasi BPJS.

Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), klaim asuransi kesehatan pada kuartal III-2024 mencapai Rp20,91 triliun, meningkat 37,2% dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp15,24 triliun. Kenaikan ini dipicu oleh inflasi medis dan overtreatment, yang berdampak pada peningkatan klaim asuransi dan tekanan finansial bagi perusahaan asuransi. Sementara itu, BPJS Kesehatan telah mencakup 276,52 juta jiwa atau 98,19% dari total penduduk Indonesia.

BACA JUGA :  Siap-Siap! Pemerintah Berencana Ganti LPG 3 Kg dengan Kompor Induksi

Great Eastern Life Indonesia menjadi perusahaan asuransi pertama yang menerapkan skema AdClaim bersama AdMedika, menandai langkah inovatif dalam industri asuransi kesehatan di Indonesia. Program ini menyederhanakan prosedur klaim dan menstandarisasi informasi layanan kesehatan dengan BPJS sebagai first payor, sehingga peserta dapat mengakses layanan kesehatan dengan lebih cepat dan nyaman.

Layanan AdClaim memberikan nilai tambah bagi peserta asuransi Great Eastern Life Indonesia dengan mengoptimalkan manfaat BPJS. Selisih biaya yang tidak ditanggung BPJS, seperti kenaikan kelas kamar, akan dibebankan kepada asuransi, sehingga peserta tetap mendapatkan layanan terbaik tanpa kendala administratif.

Kerja sama ini merupakan inovasi AdMedika sebagai TPA & B2B Digital Health untuk meningkatkan efisiensi administrasi, sesuai dengan tagline AdMedika, “Total Health Solution.”

CEO AdMedika, Dian Prambini, menyatakan, “AdMedika siap mendukung layanan kesehatan yang lebih baik, efisien, cepat, dan transparan bagi peserta. Kami berharap dapat menjadi pionir dalam mendukung inisiatif OJK dan Kementerian Kesehatan, guna menciptakan sistem layanan yang lebih optimal dan nyaman bagi peserta.”

BACA JUGA :  Bantah Punya Utang Rp 60,66 Triliun kepada PLN, Kemenkeu: Semua Utang Sudah Lunas Pada 2022 Lalu

Sebagai perusahaan asuransi yang mengutamakan kenyamanan nasabah melalui teknologi digital, Great Eastern Life Indonesia terus menghadirkan solusi perlindungan kesehatan yang lebih mudah diakses. Kemitraan dengan AdMedika memberikan akses luas ke jaringan fasilitas kesehatan serta pengalaman klaim yang lebih seamless tanpa hambatan administratif.

AdMedika saat ini telah bekerja sama dengan lebih dari 8.400 jaringan fasilitas kesehatan, baik di dalam maupun luar negeri, termasuk di Malaysia, Singapura, India, dan China. Dengan lebih dari 5,3 juta anggota, AdMedika terus mengembangkan inovasi berbasis teknologi untuk memastikan pengelolaan klaim lebih cepat, akurat, dan transparan. Selain itu, AdMedika telah mendukung Great Eastern Life Indonesia dalam program GREATHealth+ untuk memberikan perlindungan kesehatan lebih komprehensif.

Head of Group Insurance Division Great Eastern Life Indonesia, Daniel Herjun Putranto, menambahkan, “Teknologi memainkan peran penting dalam menghadirkan layanan kesehatan yang lebih baik bagi nasabah. Kemitraan dengan AdMedika memungkinkan kami meningkatkan pengalaman layanan yang lebih seamless, sehingga nasabah dapat mengakses layanan kesehatan dengan lebih mudah dan nyaman.”

BACA JUGA :  Soal Gugatan Usia Cawapres, Demokrat Sebut SBY Sudah Mengendusnya Sejak Lama

Melalui kolaborasi ini, Great Eastern Life Indonesia dan AdMedika berkomitmen menghadirkan inovasi layanan kesehatan yang memprioritaskan kemudahan, efisiensi, dan kenyamanan bagi nasabah. (HDS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini