
RATAS – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus memperkuat komitmennya dalam mendorong percepatan pembangunan masyarakat digital, guna mendukung pertumbuhan ekonomi dan pemberdayaan UMKM di Indonesia. Hal ini diwujudkan melalui kolaborasi bersama Kementerian Koperasi dan UKM dalam penyelenggaraan Entrepreneur Hub 2025, yang digelar secara hybrid di Hall Harmonis Telkom Bogor.
Kegiatan ini diikuti oleh 75 pelaku UMKM Kota Bogor secara luring, serta 20 wirausaha lainnya secara daring. Dengan mengusung tema “Entrepreneur Naik Kelas, Ekonomi Tancap Gas”, acara Entrepreneur Hub 2025 menghadirkan talkshow inspiratif, sesi edukasi bisnis, serta demonstrasi teknologi digital yang dapat membantu pelaku usaha melakukan transformasi ke ekosistem digital.
Kegiatan ini merupakan bagian dari inisiatif strategis Telkom untuk mempercepat transformasi digital wirausaha, yang telah berlangsung sejak tiga tahun lalu. Tahun ini, Entrepreneur Hub dimulai di Kota Bogor dan akan berlanjut ke kota-kota besar lainnya seperti Bekasi, Banten, dan Jakarta.
“Sebagai perusahaan digital telecommunication, Telkom bertekad menjadikan transformasi digital sebagai katalisator pertumbuhan bisnis bagi para entrepreneur Indonesia,” ujar Executive Vice President Telkom Regional II, Edie Kurniawan.
Dalam paparannya, Edie juga mencontohkan sejumlah pelaku usaha global yang berhasil meningkatkan omzet melalui terobosan digital, khususnya dalam pemasaran dan pengelolaan bisnis.
Sejumlah narasumber hadir untuk memberikan inspirasi dan wawasan bisnis digital, di antaranya Wisnu Sakti Dewobroto, praktisi kewirausahaan sekaligus Dekan Fakultas Kewirausahaan dan Bisnis Podomoro University.
“Penting bagi wirausaha untuk terhubung dengan teknologi. Perusahaan-perusahaan unicorn tumbuh dua kali lebih besar dibanding perusahaan konvensional karena mereka mampu mengintegrasikan teknologi ke dalam model bisnisnya,” jelas Wisnu.
Sementara itu, Senior Manager MSE Incubation Telkom, Adrian Sani Harahap menegaskan bahwa tujuan akhir dari inisiatif ini adalah menciptakan UMKM unggulan yang naik kelas dan berdaya saing tinggi.
“Telkom terus berupaya membantu UMKM agar mampu mengakses pasar global melalui pemanfaatan teknologi digital,” ujarnya.
Dari sisi pemerintah, Asisten Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian UMKM, Christina, menyampaikan bahwa program Entrepreneur Hub menjadi strategi utama dalam mendorong rasio kewirausahaan nasional yang ditargetkan mencapai 3,14% pada tahun 2025.
“Ini adalah bentuk sumbangsih nyata dari Telkom bagi pengembangan wirausaha Indonesia. Kami berharap pelaku UMKM tidak hanya berkembang, tapi juga bisa bertahan dan bersaing secara berkelanjutan,” tegasnya.
Melalui Entrepreneur Hub 2025, Telkom berharap semakin banyak pelaku UMKM yang mampu memanfaatkan teknologi digital sebagai motor pertumbuhan bisnis. Inisiatif ini juga menjadi bagian dari komitmen Telkom untuk terus menghadirkan solusi digital inovatif dalam mendukung transformasi ekonomi dan peningkatan daya saing nasional. (HDS)